Tinjau Puskesmas Isolasi Terpadu, Wabup Madiun Minta Tambahan Tabung Oksigen dan Bed

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto saat melihat ruangan isolasi di Puskesmas Balerejo

KLIKJATIM.Com | Madiun – Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, memastikan Puskesmas Balerejo sudah siap digunakan sebagai puskesmas terpusat.  Meski demikian, puskesmas masih harus menambah tabung oksigen lagi agar bisa digunakan secara maksimal.

BACA JUGA :  Brakkkk! Tiga Orang Tewas, Insiden Tabrakan Innova v Truk Muatan Kayu di Tol Sumo

Menurut Wabup Madiun, sejumlah sarana dan prasarana sudah disiapkan pihak Puskesmas Balerejo.  Sedangkan tenaga medisnya saat ini sedang malakukan on the job training di RSUD Dolopo, RSUD Caruban, dan dan RSUD Joglo Lapangan Dungus. ” Yang jadi catatan hanya perlu tambahan tabung oksigen dan tempat tidur pasien,” kata Hari Wuryanto.

Dikatakan, tenaga medis yang sedang mengikuti pelatihan tersebut diharapkan dapat menangani pasien COVID-19 sesuai dengan prosedur. Keamanan petugas juga harus diutamakan supaya mereka dapat menangani masyarakat yang terpapar COVID-19. Sehingga, masyarakat dapat tertangani dan nakes dalam kondisi aman”, tutur Wabup.

Puskesmas Balerejo akan terbagi menjadi dua pelayanan, yaitu pasien dengan gejala biasa dan pasien dengan gejala COVID-19. Untuk pasien gejala COVID-19 disiapkan 40 tempat tidur dengan 12 perawat dan 3 dokter umum.(ris)