Tiga Pria Ini ‘Makan’ Kabel Telkom Ratusan Meter di Surabaya

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Tiga tersangka diamankan polisi

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Tiga orang pria di Surabaya yang berseragam baju Telkom mendadak diringkus Tim Opsnal Polsek Genteng. Saat itu, ketiganya tengah membawa kabel sepanjang 400 meter.

[irp]

Rupanya, penangkapan itu bukan tanpa sebab. Diketahui, kabel tersebut merupakan hasil curian di Jalan Tidar, Surabaya. Ketiga maling kabel itu adalah MDH (23) asal Lamongan, MS (20) asal Pasuruan dan SST (30) warga Surabaya yang indekos di Kampung Malang, Surabaya.

Kanit Reskrim Polsek Genteng Iptu Sutrisno mengungkapkan, mulanya polisi mendapat laporan dari korban AFS seorang karyawan telkom tentang adanya pencurian kabel di Jalan Kusuma Bangsa.

Mendapati laporan itu, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan segera memburu para pelaku. Dan pada Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 23.25 WIB, polisi menjumpai 3 pria sedang membawa kabel sepanjang 400 meter di Jalan Tidar.

“Setelah diintrogasi ketiga tersangka mengaku selesai melakukan pencurian kabel milik telkom di Jalan Tidar dan sebelumnya juga melakukan pencurian di Jalan Kusuma Bangsa,” ungkap Iptu Sutrisno, Rabu (29/9/2021).

Saat ditangkap itu, imbuh Sutrisno, pelaku mengenakan seragam Telkom. “Sewaktu membawa kabel milik Telkom sepanjang 400 meter tersebut, para pelaku berpakaian seragam Telkom,” imbuhnya.

Sementara dalam aksinya, ketiga pelaku menggunakan 1 buah tangga dan gunting besar untuk memotong kabel kabel. Barang bukti tersebut kini juga berhasil diamankan.

“Untuk barang buktinya kami amankan satu rool kabel Telkom, tiga baju dinas Telkom, satu buah tangga dan satu gunting besar. Dan kerugiannya senilai Rp. 23.700 juta,” beber Iptu Sutrisno.

Sedangkan para pelaku kini dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. (bro)