Terganjal Tes Kesehatan, M Suudin Gagal Nyalon Wabup Lamongan Jalur Perseorangan

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

komisioner KPU Lamongan menggelar rapat pleno terkait verifikasi dokumen bakal calon. (ist)

KLIKJATIM.Com | Lamongan — Bakal asangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Lamongan jalur perseorangan, Suhandoyo-Muhammad Suudin mengalami kendala dalam proses pencalonannya di KPU setempat. Sebab nama bakal calon wakil bupati (bacawabup) M Suudin terpaksa dicoret dan harus dicari pengganti sebagai pendamping Suhandoyo.

BACA JUGA :  Warga Surabaya Protes Tanah Fasum Disertifikatkan Pribadi

Keputusan ini sesuai rapat pleno KPU Lamongan tentang verifikasi penelitian keabsahan dokumen dan persyaratan bapaslon. Yaitu, hasilnya menyatakan bahwa bacawabup M Suudin tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil tes kesehatan.

“Itu berdasar hasil tes kesehatan yang dikeluarkan RSUD Dr Soetomo Surabaya,” ujar Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali tanpa merinci kendala kesehatan apa yang terpaksa menghalangi pencalonan Suudin, Selasa (15/09/2020).

Diterangkan, dasar persyaratan tes kesehatan mengacu sesuai Undang-undang Nomor10 tahun 2016 Pasal 7f, dan Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 pada Pasal 46. Kendati demikian, tapi bapaslon yang tidak lolos kesehatan tersebut masih bisa diganti.

Aturan penggantian ini sesuai Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2020 Pasal 78, 79, 80, dan 81, serta Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 7 huruf f. “Penyampaian nama pengganti kami beri waktu mulai tanggal 14 sampai 16 September 2020,” lanjutnya.

Menurutnya, saat ini KPU juga sedang dikejar deadline agar nama penggantinya segera disiapkan. Karena tahapan pada tanggal 22 September nanti, bapaslon yang mendaftar harus sudah memenuhi syarat.

“Sehingga pada tanggal 23 September bakal pasangan calon bisa ditetapkan,” imbuh Mahrus.

Dihubungi terpisah, Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Bapaslon Suhandoyo-Muhammad Suudin, Sugiono mengaku, saat ini pihaknya masih membahas terkait keputusan KPU tersebut. “Masih kami diskusikan dengan tim kompak,” ujarnya singkat. (nul)