Tenang, Pajak Kendaraan Bermotor Telat Bebas Denda

Reporter : ratno dwi santo

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjamin pemilik kendaraan bermotor yang terlambat membayar pajak kendaraan akan dibebaskan dari pengenaan denda. Langkah ini ditempuh setelah banyak wajib pajak khawatir mengurus pajak kendaraan di kantor Samsat se-Jatim karena akan bertemu dengan kerumunan massa.

BACA JUGA :  Duh, Masih Ada Kampung Tertinggal di Surabaya

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur Boedi Prijo Soeprajitno menjelaskan, merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) membuat layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur ditutup sementara. Atas dasar itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim memberikan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor.

“Penutupan sementara di 164 pelayanan ungggulan Samsat seperti Samsat Drive Thru, Samsat Payment Point, Samsat Corner dan Samsat Keliling mulai Senin kemarin 23 Maret sampai 29 April dan bisa diperpanjang melihat situasi berkembang,” kata Boedi Prijo Soeprajitno.

BACA JUGA :  'Gapuro Santri', Wadah Berbagi Informasi Seputar Gresik

Dijelaskan, yang masih beroperasi saat ini hanya Samsat Induk di 46 dan layanan drive thru sebanyak 12 titik dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 12.00 Wib. Untuk itu Pemprov Jatim memberikan keringanan berupa pembebasan denda pajak kendaraan bermotor.

Dari laporan triwulan pertama yang bersamaan dengan wabah Virus Corona, pendapatan pajak di Jawa Timur melebihi dari yang ditargetkan. Meksipun dalam kondisi saat ini sedang ada wabah Virus Corona, capaian pada triwulan pertama melebihi target 15 persen dan sudah mencapai 22 persen. (rtn/hen)