Temui Pendemo, Dewan Akan Ngecek IPAL Pabrik Bersama Warga

Massa aksi saat berkumpul di Balai Desa Baujeng. (Didik Nurhadi/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Demonstrasi warga dari lima desa di Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, ditemui anggota DPRD setempat. Wakil rakyat ini sengaja hadir ke lokasi untuk bertemu pendemo di Balai Desa Baujeng, Kecamatan setempat, Senin (7/10/2019).

Nampak hadir pula perwakilan perusahaan. Mereka pun bersama-sama melakukan audiensi, terkait dugaan beberapa pabrik membuang limbah cair sembarangan ke sungai.

BACA JUGA :  Imbas dari Pembakaran Kotoran Sapi, Rumah di Balongpanggang Ludes Terbakar

“Nanti kami akan mengajak perwakilan warga dari lima desa untuk mengecek langsung ke pabrik dan melihat bagaimana proses pengelolaan IPALnya (Instalasi Pengolahan Air Limbah),” terang Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Abdul Rouf.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berjanji, akan menginvestigasi bersama perwakilan warga. Dari hasil itu diharapkan, bisa mengetahui pabrik-pabrik yang nakal membuang limbah cair sembarangan.

Menurutnya, tindakan membuang limbah langsung ke sungai adalah salah. Karena dapat mencemari sungai dan termasuk pelanggaran pidana.

BACA JUGA :  Jalankan Transformasi, PG Raih Dua Penghargaan Revolusi Mental Award BUMN 2019

“Mengenai (ancaman) sanksi apakah akan dicabut izin pengoperasiannya, itu urusan pengadilan. Yang jelas kalau tidak ada perbaikan, berarti tidak ada inisiatif dan mereka akan dijerat Undang-undang Lingkungan Hidup,” paparnya.

Seperti diberitakan, ratusan warga dari lima desa menggelar demonstrasi dengan memblokade akses Jalan Raya Beji-Pandaan. Antara lainnya Desa Baujeng, Sidowayah, Ngembe, Gungsari dan Kenep. (dik/hen)