Tarif Swab di Labkesda Surabaya, Warga Lokal Gratis dan Warga Luar Kota Rp 120 Ribu

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menandatangani dokumen terkait Swab di Labkesda Surabaya. (Hilmi Nidhomuddin/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.com | Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jalan Gayungsari Nomor 124, Selasa 15 September.

BACA JUGA :  Sssttt,,,Pak Kasun di Kecamatan Balen Bojonegoro Kena Razia

Tri Rismaharini mengatakan fasilitas layanan swab tes di Labkesda ini gratis bagi warga Surabaya. Sedangkan warga di luar Surabaya juga bisa dilayani dengan biaya Rp120.000. Harga tersebut sudah sangat murah di bandingkan di rumah sakit lainnya.

“Meskipun peralatannya kami diberi oleh BNPB dan swasta tapi dalam perda, kami ada ketentuan biaya Rp120.000. Saya kira itu sudah sangat murah sekali,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Risma berharap agar warga Surabaya yang sering keluar masuk kota untuk mampir ke Labkesda sebelum pulang ke rumah masing – masing.

“Untuk sopir atau pengusaha yang sering luar kota dan mungkin datangnya malam-malam, saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Ini buka 24 jam nonstop,” tambahnya.

Laboratorium tersebut bisa memeriksa sampel sekitar 2000 – 4000 setiap harinya, dan hasilnya bisa keluar dalam 2-3 hari.

Namun untuk kedepannya, warga Surabaya bisa melihat hasilnya dalam waktu sekitar satu sampai satu setengah jam.

“Nanti akan kita sediakan yang hasilnya bisa ditunggu. Nah, kalau hasilnya negatif silahkan pulang dengan tenang dan aman. Tapi kalau hasilnya positif, saran saya langsung ke Hotel Asrama Haji untuk melakukan isolasi,” ujarnya.

Untuk isolasi, Risma menyarankan di Hotel Asrama Haji, karena di sana sudah dokter yang mengawasi, dan jika ada kamorbid bisa langsung dirujuk ke Rumah Sakit. (bro)