Target Vaksinasi Covid-19 Bagi Guru di Tulungagung Tuntas Sebelum Pelaksanaan PTM

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka saat saat diwawancarai awak media. (Iman/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Satgas Covid-19 Tulungagung terus mempercepat capaian vaksinasi kepada guru dan tenaga pendidik jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tulungagung pada bulan Juli mendatang. Hal ini sekaligus menjadi penegas bahwa aturan dilaksanakannya PTM, setelah seluruh guru dan tenaga pendidik mendapatkan vaksin Covid-19.

BACA JUGA :  2,9 Ton Tokek Kering Diekspor ke China, Untuk Apa?

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, total penerima vaksin di lingkungan pendidikan terdapat 6.496 guru dan tenaga pendidik. Mereka terdiri dari guru PAUD, TK, SD hingga SMP di Kabupaten Tulungagung.

Kabid P2P Dinkes Tulungagung, Didik Eka mengatakan, capaian vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik masih terus berlangsung hingga saat ini. “Ini masih terus berjalan, kita maksimalkan sasaran yang ada agar target PTM tidak terganggu,” ujarnya.

Vaksinasi untuk guru TK, PAUD serta SMP sudah selesai 100%. Sedangkan bagi guru SD masih dalam proses yang ditarget bisa memenuhi 100% sebelum PTM dimulai.

“Kenapa SD belakangan, karena memang masuknya belakangan. Tapi ini sudah dalam proses untuk capaian 100 persen,” ucapnya.

Adapun guru dan tenaga pendidik tingkat SMA dan SMK berjumlah 3 ribu sasaran, dan kurang 300 sasaran yang belum terjaring vaksin. Mereka adalah guru dan tenaga pendidik yang berhalangan hadir saat vaksinasi dilaksanakan.

Mereka berhalangan karena berbagai faktor. Antara lain dikarenakan sedang sakit, ada tugas dari sekolah atau sedang kegiatan di luar kota.

“Iya mereka ini berhalangan hadir, kita maksimalkan minggu ini selesai,” tandasnya.

Selain lembaga pendidikan dasar, pihaknya juga menyasar dosen dan tenaga pendidik di tingkat universitas serta sekolah tinggi di Tulungagung. Capaian sampai sekarang di angka 80%.

Didik mengaku tidak ada kendala berarti dalam proses vaksinasi Covid-19 untuk sasaran guru. Karena pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim vaksinator begitu vaksin tiba dan sasaran telah siap. (nul)