Target 3 Zero 2030, Pemkab Gresik Gencar Sosialisasi HIV AIDs

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik – Pemerintah Kabupaten Gresik terus melakukan upaya pengendalian terhadap kasus HIV-AIDs di wilayahnya. Misalnya dengan gencar memberikan sosialisasi bagi masyarakat hingga tingkat RT dan RW, seperti yang dilakukan di Pendopo Kecamatan Menganti, Rabu (24/11/2021).

BACA JUGA :  Alhamdulillah ! Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jatim Naik

Adapun kegiatan sosialisasi ini merupakan kali ke 3 setelah sebelumnya dilakukan di Pulau Bawean dan Kecamatan Bungah. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai target “3 Zero 2030”. Yaitu nol kasus HIV baru, nol kematian karena HIV dan nol diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV AIDs (ODHA) pada tahun 2030.

Selain sosialisasi sebagai sarana edukasi dan preventif, Pemkab Gresik juga menyiapkan layanan diagnosis di 32 Puskesmas dan 7 Rumah Sakit yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Gresik.

“Meskipun tren kasus HIV-AIDs di Kabupaten Gresik terus menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun, tetapi kita harus tetap aware tentang penyakit ini,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah dalam sambutannya di hadapan peserta sosialisasi se Kecamatan Menganti.

Wabup yang juga ketua pelaksana komisi penanggulangan HIV-AIDs menegaskan bahwa stigma buruk dan diskriminasi masyarakat terhadap ODHA harus dihentikan. Karena selain HIV AIDs hanya menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, serta penularan dari ibu ke anaknya, ODHA juga memerlukan motivasi agar terus bisa berpikiran positif sehingga kondisi tubuhnya tetap stabil.

“Para penderita HIV AIDs jangan malah dikucilkan, justru mereka membutuhkan motivasi dan dorongan untuk bisa sembuh. Rangkul mereka untuk bisa bersama-sama dalam kehidupan bermasyarakat,” pesannya.

Selanjutnya, dalam kegiatan ini para peserta mendapatkan banyak materi tentang HIV-AIDs, dampak dan penanganan lebih lanjut terhadap ODHA dengan narasumber Yohana Haina dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik. Harapannya dengan diadakannya kegiatan sosialisasi yang menyentuh hingga ke tingkat desa bisa mengedukasi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat mengenai HIV-AIDs.

Tampak hadir dalam kegiatan ini di antaranya Camat Menganti, Sujarto dan Indah Sofiana selaku pelaksana komisi penanggulangan HIV-AIDs. (*/nul)