Surat Pengunduran Diri Alif dan Yani Terakhir Saat Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni memberikan keterangan pers. (Miftahul Faiz/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Setelah kedua paslon Cabup dan Cawabup resmi mendaftarkan diri ke KPU Gresik. Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang datang dari badan legislatif DPRD Gresik sudah mengajukan pengunduran diri yang akan diterima KPU.

“Dari dua calon sudah mengajukan dan membuat  surat pernyataan pengunduran diri. Tapi kalau sesuai dengan peraturan perundang-undangan surat pengunduran diri itu paling lambat diberikan pada saat penetapan pasangan calon,” ungkap Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni. Minggu (6/9/2020).

BACA JUGA :  Janda 3 Anak di Surabaya Digugat Pengacara Rp 500 Juta

Mekanismenya, lanjut Roni, sebelum ada penetapan calon di tanggal 23 September 2020 proses verifikasi syarat calon akan berlangsung mulai tanggal 4-12 September 2020.

“Jadi saat penetapan pasangan calon masih bisa memberikan surat pernyataan diri,” kata Roni.

Dikatakan, pengunduran diri DPRD nanti ditindaklanjuti dengan SK dari instansi dan Gubernur. Paling lambat disetorkan 9 November 2020. 

“Sedangkan untuk pergantian antar waktu (PAW) dari keduanya dilakukan oleh masing-masing pimpinan partai politik dan disetorkan ke KPU. Kami cukup minta nama pengganti,” jelas Roni.

Dan terkait calon petahana atau Incumbent, mulai diresmikan cuti oleh negara sejak masa kampanye tanggal 26 September 2020. (bro)