Sudah Ada 33 Pasien Covid Probolinggo Yang Sembuh

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

dr Anang Budi Yoelijanto, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo

KLIKJATIM.Com | Probolinggo – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengumumkan jumlah pasien positif coronavirus disease (Covid-19) di Kabupaten Probolinggo sudah ada 33 orang. Jumlah itu didapatkan setelah 17 pasien terkonfirmasi sembuh pada Minggu, (24/5/2020).

BACA JUGA :  Duduk, Diam Hingga Tersenyum Batalkan Puasa, Kok Bisa ? Begini Penjelasannya...

Menurut dr Anang Budi Yoelijanto, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, para pasien sembuh ini sudah dikonfirmasi melalui pemeriksaan swab dengan menggunakan alat TCM (tes cepat molekuler) dengan metode PCR (polymerase chain reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

“Mereka yang sembuh sudah dibolehkan pulang secara bertahap. Meski begitu, mereka tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah,” kata dr Anang Budi Yoelijanto.

Dikatakan, pasien yang sembuh itu berasal dari beberapa klaster. Di antaranya klaster Sukolilo Surabaya, sebanyak 10 tenaga medis dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Selanjutnya, ada klaster Temboro 3 orang. Kemudian ada klaster Bali sebanyak 2 orang.

“Juga ada dari klaster lepas 1 orang, yakni laki-laki asal Desa Tamansari, Kecamatan Dringu. Kemudian klaster pelangi (Surabaya) 1 orang laki-laki asal Desa Guyangan, Kecamatan Krucil,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

BACA JUGA :  Pemprov dan Kementerian PU Bahas Interchange Tol Pasar Induk Puspo Agro

Di sisi lain, pada hari yang sama terkonfirmasi 1 positif Corona Covid-19 baru. Dengan begitu, total ada 77 kasus positif, dengan rincian sebanyak 42 pasien masih mendapat perawatan dan diisolasi. Sementara 33 pasien lainnya dinyatakan sembuh dan 2 pasien lainnya meninggal dunia.

Kasus positif kali ini dicatatkan terhadap seorang anak dari Kecamatan Wonomerto, yang disebutkan tertulari ibunya. “Dia adalah anak-anak usia 9 tahun dan merupakan anak dari bidan yang di Puskesmas Wonomerto,” terang Anang.

Saat ini, kondisi sang anak dinyatakan stabil. Anak itu juga menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. Tracking juga sudah dilakukan karena ibu anak itu juga positif Covid-19. (hen)