Suami Istri di Malang Kompak Gelapkan 19 Mobil, Istri Dipenjara Suami Kabur

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Malang–Suami istri di Kabupaten Malang kompak bertindak kriminal. Sang istri telah dibekuk polisi, sementara suaminya masih jadi buron polisi.

BACA JUGA :  Dijanjikan Bisa Cepat Haji, Gus Juan Berhasil Tipu 5 Warga Malang Puluhan Juta

Pelakunya Novita Fitria Ulfah (26), dan suaminya Ari Wibowo (27) asal Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Keduanya telah menggelapkan 19 mobil.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan modus pelaku dalam penipuan dn penggelapan ini adalah dengan cara menyewa mobil untuk alasan pendanaan, pengembangan, dan sarana transportasi koperasi tempat mereka bekerja.

Setelah mendapatkan mobil dari korbannya, pelaku kemudian menggadaikan mobil tersebut ke orang lain dan mendapatkan uang yang dipergunakan untuk bersenang-senang.

“Total ada 19 unit kendaraan yang sudah kita amankan sebagai barang bukti. Mobil hasil menyewa dari korban, kemudian digadaikan dengan janji imbalan jasa 5 sampai 10 persen dari nilai pinjaman,” terang Hendri Umar dalam konferensi pers di Mapolsek Tumpang, Senin (22/2/2021).

Hendri menyebut ada tiga orang yang menjadi korban penipuan dan penggelapan pelaku. Belasan mobil digadaikan ke beberapa wilayah, yakni Kabupaten Sidoarjo, Blitar, dan Kabupaten Malang.

Pelaku menggadaikan kendaraan dengan cara berpura-pura meminjam uang dengan jaminan mobil yang diakuinya sebagai milik koperasi atau milik sendiri.

“Untuk kendaraan Toyota Avanza digadaikan sebesar Rp 20 juta sampai Rp 35 juta, sementara Toyota Kijang Innova Reborn digadaikan sebesar Rp 50 juta per unit,” sebut Hendri.

Dalam pemeriksaan, Novita mengaku hasil menggadaikan mobil digunakan untuk menutup hutang-hutang serta memenuhi kebutuhan pribadi. Mulai dari rekreasi sampai menginap di hotel.

Novita ditangkap ketika berusaha menghilangkan jejak dari kejaran petugas gabungan Satreskrim Polres Malang dan Polsek Tumpang.

Namun tak lama, keberadaan pelaku berhasil diketahui dan Novita akhirnya ditangkap saat berusaha kabur menumpang ojek online di kawasan Sawojajar, Kota Malang.

Tim Satgas Basmi Street Crime gabungan Polsek Tumpang dan Satreskrim Polres Malang, kemudian bergerak cepat untuk mengamankan 19 kendaraan hasil penggelapan pelaku.

“Tersangka dijerat Pasal 372 KUHP tentang penipuan atau penggelapan. Untuk pelaku lain, yakni suaminya masih dalam pengejaran,” pungkas Hendri. (ris)