Sowan ke Wabup, Pelaku UMKM Bojonegoro Minta Dukungan Kebijakan

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Pelaku UMKM saat mendatangi rumah dinas Wabup Bojonegoro, Budi Irawanto. (ist)

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bojonegoro meminta dukungan kepada Wakil Bupati (Wabup) Budi Irawanto untuk mengawal para pedagang. Pasalnya tiga pelaku UMKM ini mampu menunjukkan prestasi berkat kerja keras yang menghasilkan inovasi.

BACA JUGA :  PHE WMO Sosialisasi Rencana Perluasan Pengeboran di Madura

Pada tahun 2021 ini, tiga pelaku UMKM yang terdiri dari team creative, Griya Shanum, dan Si Kebood Kebab Seafod sukses meraih juara UKM Beprestasi yang diadakan Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim). Namun juara saja belum cukup. Konsistensi dan dukungan dari berbagai pihak pun diperlukan. Termasuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

“Dukungan saja tidak cukup, jadi harus ada konsistensi dari pemerintah yaitu Bojonegoro, sekarang saya menemui Wakil Bupati Bojonegoro untuk meminta dukungan kebijakan, karena Pak Wabup yang selama ini dekat dengan kami para pengusaha kecil, PKL dan petani,” kata Asyroqi Noerik (21), pemilik Si Kebood Kebab Seafod saat datang ke rumah dinas Wabup Budi Irawanto.

Dia mengatakan, dengan menemui Wakil Bupati Bojonegoro diharapkan nantinya bisa mempunyai komitmen untuk mendukung UMKM lokal. “Saya dan rekan rekan butuh motivasi dan dukungan kebijakan, meskipun tidak selalu harus membantu materi, motivasi itu penting untuk kami yang masih belum betul-betul sukses,” terang Asyroqi.

Sementara itu, Wabup Bojonegoro Budi Irawanto mengaku sangat mendukung UMKM yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Dia juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang terus bersemangat untuk berinovasi dan adaptasi. Lebih-lebih dalam situasi seperti saat ini bisa berprestasi.

Mas Wawan, sapaan akrabnya menegaskan bahwa para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi serta berinovasi agar terus menangkap peluang dan melipatgandakannya. Setiap situasi harus diamati dan melihat semua peluang, karena setiap kondisi pasti ada peluang, seperti yang dilakukan kebab seafood ini.

“Kebab seafood ini menjadi alternatif para pecinta seafood dengan kreatifitas menu baru. Karena selama ini kebab terbuat dari daging sapi,” ucap Wabup.

Pihaknya berharap pelaku UMKM mampu berkolaborasi dengan digital agar bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan mengembangkan potensi usaha. Apalagi Pemkab Bojonegoro juga mempunyai banyak program terkait UMKM, mulai dari pendampingan UMKM dan bantuan terhadap UMKM yang terdampak Covid-19.

Namun jika masyarakat Bojonegoro belum mendapatkan informasi, maka bisa menghubungi langsung ke dinas terkait. Pada kesempatan ini pihaknya juga berpesan untuk para pelaku UMKM untuk saling bersinergi dan bersama-sama untuk saling berbagi ilmu dan berkolaborasi. Semua pihak harus berkolaborasi untuk melewati krisis multi dimensi ini. 

“Menjadi bagian dari solusi lebih baik dari pada hanya sekedar diam dan saling menyalahkan,” pungkasnya. (nul)