Sopir Minivan yang Tabrak Polisi Saat Balap Liar Tulungagung Terancam Penjara 1 Tahun

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno.

KLIKJATIM.Com | Tulungagung—Sopir minivan yang berusaha menabrak anggota polisi saat razia balap liar di Tulungagung kini telah diamankan Satlantas Polres Tulungagung. Sopir berinisial AS asal Blitar itu terancam dijerat pasal 311 Undang Undang nomor 2 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

BACA JUGA :  Kena Proyek Gorong-Gorong, Pipa PDAM Usman Sadar Bocor

“Kalau ancaman hukumannya 1 tahun penjara atau denda 3 juta rupiah,” ucapnya.

Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno yang ditemui di Mapolres Tulungagung pada Rabu (03/03) tadi siang mengatakan, proses hukum berupa sanksi tilang dan penegakan hukum kecelakaan disengaja yang dilakukan oleh sopir minivan yang sengaja menabrak petugas, terus didalami oleh pihaknya.

“Proses hukum terus berlanjut, ini tidak ada yang ditahan namun satu orang yaitu sopir minivan, kita kenakan wajib lapor,” ujarnya.

Pihaknya menyebut, dari 31 sepeda motor yang sebelumnya sempat diamankan,kini tinggal 16 sepeda motor saja yang masih ditahan karena pemiliknya belum bisa menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang membuktikan kepemilikannya.

Sedangkan dua unit mobil yang diamankan dari lokasi balap liar masih ditahan, salah satunya adalah minivan yang sengaja menabrak mobil petugas saat upaya pembubaran balap liar tersebut.

“Untuk minivan kita tahan untuk proses hukum lebih lanjut, masih terus kita dalami,” jelasnya.

Aris mengungkapkan, dari hasil pendalaman yang dilakukan oleh pihaknya, saat sengaja menabrak petugas, Sopir minivan tersebut dalam kondisi sadar dan sengaja menabrak karena takut ingin melarikan diri.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat tabrakan tersebut mobil petugas mengalami kerusakan dan kerugian material. (mkr)