Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Gresik Berduka, Sang Rektor Wafat Hari Ini, Berikut Perjalanan Pengabdiannya

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Mendiang Rektor UMG Eko Budi Leksono (Dok/PWMU.Co)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Kalangan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) berduka. Sang Rektor Eko Budi Leksono wafat hari ini Minggu (18/9/2022).

Diinformasikan, Dr Eko Budi Leksono, ST, MT meninggal dunia pada Minggu pagi setelah berolahraga sekira pukul 10.00 WIB.

Humas UMG Abdurrahman Faris membenarkan kabar tersebut. Dia dan sivitas akademika UMG langsung menuju Klinik Satelit GKB jalan Kalimantan begitu mendengar kabar tersebut.

“Mohon maaf atas kesalahan beliau, mohon doa semua warga masyarakat khususnya keluarga UMG,” kata Faris.

Humas UMG Abdurrahman Faris membenarkan kabar tersebut. Saat ini jajaran civitas akademi UMG sedang ke Klinik Satelit GKB Jalan Kalimantan.

Faris menyampaikan, jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka Jl.Banjarbaru 1 No.2 GKB  Gresik. Rencananya akan disholatkan di Masjid Faqih Usman Kampus UMG ba’da sholat isya.

“Jenazah akan di makamkan di Taman Makam Islam Desa Yosowilangun Manyar Gresik pukul 19.00,” tuturnya.

Menurut Faris sebagaimana dilansir pwmu.co, dalam masa kepemimpinan Eko Budi Leksono, lebih kurang dua tahun ini banyak program yang sudah tercapai. Salah satunya pembebasan lahan dan sertifikasi lahan kampus III di Tebaloan, Duduk Sampeyan, Gresik.

Program yang paling terasa di masyarakat adalah terobosan dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik.

“yang menjadi percontohan nasional dalam hal Pendaftaran Tanah Sistemis Lengkap (PTSL) Program kementerian ATR/BPN melalui mahasiswa KKN mahasiswa,” tutur Faris.

Eko Budi Leksono wafat meninggalkan seorang istri: Siti Musyarofah SE MSi, dosen Prodi Akutansi Universitas Trunojoyo, Bangkalan, Madura. Adapun tiga anaknya yang ditinggal pergi selamanya adalah: Firstiannisa Nandefa (kuliah di FKG Universitas Jember; Narendra Rahmaddwinta (Teknik Industri Universitas Brawijaya Malang); dan Alesha T. Leksono (Kelompok Bermain Aisyiyah PPI Gresik).

Pengabdiannya di Unmuh Gresik

Pria kelahiran 11 Januari 1973 itu mengawali karirnya sebagai dosen PNS ITS yang diperbantukan ke UMG. Lalu melanjutkan studi S2 di ITS.

Setelah rampung studi S2  pada 2002, dia diamanati sebagai Ketua Program Studi Teknik Industri UMG. Dia juga merangkap sebagai Dekan FKIP hingga 2006.

Eko Budi Leksono lalu menaiki karier lebih tinggi lagi sebagai Dekan Fakultas Tekni merangkap PR I Pembantu Rektor I Bidang Akademik tahun 2005-2009 dan berlanjut sebagai Wakil Rektor I 2009-2013.

Namun pada tahun 2013, sosok yang aktif di Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Jawa Timur ini mendapat tugas belajar S3 di ITS, mengambil bidang teknik industri. Karena itu dia harus melepaskan jabatan sebagai wakil rektor.

Pada 2019-2021 dia diminta kembali untuk menjadi Dekan Fakultas Teknik. Dan kini, di tahun 2021, dia mendapat amanah dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjadi orang nomor satu kampusnya: Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik untuk masa jabatan 2021-2025.

Namun takdir berkata lain, sebelum genap masa jabatannya itu dia telah dipanggil oleh Allah SWT. (yud)

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *