Silahkan Dilirik,  Bangkalan Lahirkan 1.336 Janda Selama 10 Bulan

Reporter : Suryadi Arfa - klikjatim.com

Istimewa
KLIKJATIM.Com | Bangkalan –  Sejak  sepuluh bulan terakhir  sebanyak 1.336 perkara penceraian sudah diputus Pengadilan Agama (PA) kabupaten Bangkalan. Diketahui pula, jumlah perkara cerai gugat lebih banyak dari cerai talak.  Ada 862 perkara gugatan yang diajukan oleh istri terhadap suami (Cerai gugat).  Sedangkan sisanya 599 perkara adalah cerai talak yaitu permohonan yang diajukan suami kepada pengadilan agama untuk memperoleh izin menjatuhkan talak kepada istri.
BACA JUGA :  Janji Sertifikat Segera Diterbitkan, Setelah Warga Alang-alang Rencanakan Istiqosah di Kantor BPN Bangkalan
Laporan perkara ini diterima PA Bangkalan dari bulan Januari s/d Oktober 2020. Total ada 1.461 perkara.   
Sementara itu perkara yang sudah diputus oleh pengadilan agama kabupaten Bangkalan dari 1.461 perkara itu sebanyak 1.336. Dengan rincian 553 cerai talak dan 803 cerai gugat.
Melihat tingginya angka penceraian di kabupaten Bangkalan ini menimbulkan keprihatinan.  M. Rasid selaku Humas Pengadilan Agama berharap agar masyarakat tidak melakukan penceraian.  “Kita hanya berkewajiban menasehati mereka agar rukun kembali,” katanya
Menurut Rasid, perceraian adalah jalan terakhir.  Namun pihaknya juga tidak tahu bagaimana panasnya rumah tangga karena itu masalah hati. “Tapi jika tidak mau rukun lagi ya apa boleh buat,”singkatnya saat ditemui. (rtn).