September, Liga 1 2020 Kembali Dilanjutkan

Reporter : Ratno Dwi Santo - klikjatim.com

Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI

KLIKJATIM.Com | Jakarta – Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) memutuskan melanjutkan kembali kompetisi Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020. Kompetisi dilanjutkan setelah sempat vakum selama 3 bulan lebih karena pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Kejari Surabaya Selamatkan Uang Negara Rp 388 Juta

“Kelanjutan kompetisi akan dilanjutkan mulai September atau Oktober 2020,” kata Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI, Jumat (19/6/2020).

Dijelaskaan, keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar secara virtual pada Rabu (17/6/2020). Setelah kompetisi dihentikan, pihaknya melakukan komunikasi intens dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan.

“Setelah itu kami bawa ke rapat Exco dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” ujar Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI, seperti dikutip Antara.

Iriawan menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI).

BACA JUGA :  Di Magetan Ada 8 Jembatan Rusak dan Putus Diterjang Banjir, Kerugian Mencapai Rp 15 Miliar

Kemudian, untuk kelanjutan kompetisi, PSSI pun menjalin kemitraan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

PSSI, kata Yunus Nusi pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, akan menjalankan Liga 1 dan 2 dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk timeline mulai awal hingga ujung kompetisi. Saat ini, PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” tutur Yunus.

Sementara terkait kepastian jadwal apakah liga dimulai September atau Oktober 2020, PSSI akan memutuskannya kemudian setelah berdiskusi dengan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB). (hen)