Sepanjang 2020, Pertamina EP Poleng Field Catatkan Produksi 2.529 BOPD

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Meski sepanjang 2020  situasi perekonomian di Tanah Air terkontraksi pandemi Covid-19, namun PT Pertamina EP (PEP) Asset 4 Poleng Field terus menjaga kinerja produksi minyak dan gas bumi. Bahkan sepanjang 2020 lalu, Pertamina EP Asset 4 Polleng Field berhasil mencatatkan produksi minyak sebesar 2.529 bopd atau sebesar 90,66% dari target yang dicanangkan.

“Sementara itu produksi gas berhasil melampaui target dengan realisasi mencapai 5,435 mmscfd atau 140,42 persen,” kata Poleng Field Manager Jemy Oktavianto.

Dijelaskan, dengan semua tantangan yang dihadapi dan kondisi saat ini tentunya berdampak pada operasi kami di sektor hulu migas. “Kami tetap semangat sebagai perwira pertamina ep poleng field. Kontribusi kita sangat menunjang bagi pencapaian produksi poleng field,” ujar Jemy saat memberikan sambutan kepada para pekerja dan mitra kerja Poleng Field di acara evaluasi kinerja tahun 2020 secara virtual, Selasa (29/12/2020).

“Saya apresiasi ikhtiar kawan-kawan semua khususnya di offshore, proses lifting di akhir tahun, Kamis (31/12), dengan PHE WMO juga berjalan lancar dan selamat mencapai YTD 100,27% dari target,” ungkap Jemy.

Optimisme di tahun 2021 untuk mencapai target produksi minyak yang ditetapkan sebesar 2.449 bopd dan produksi gas sebesar 3,91 mmscfd  akan terus dilakukan dengan beberapa strategi, salah satunya dengan rencana kegiatan reaktivasi, reparasi, dan optimasi sumur.

Adapun untuk kinerja HSSE, Jemy mengungkapkan bahwa perlu disyukuri dan ditingkatkan. “Tidak ada kecelakaan kerja, zero accident dan zero discharge untuk pekerjaan operasional baik di offshore maupun onshore. Adapun total jam kerja selamat kumulatif dari 1 Januari 2014 – 27 Desember 2020 adalah 5.327.149 jam,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Aduk Tanah Cari Cacing, Ternyata Warga Blitar Dapatnya Granat dan Peluru Tajam

Terkait dengan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, PEP Poleng Field juga berhasil meraih beberapa penghargaan seperti Indonesia Green Awards 2020 ketegori mempelopori pencegahan polusi (Desa Doudo Berhias) dan mengembangkan keanekagaraman hayati (Coastal & Marine Biodiversity Lembung Paseser). Kemudian penghargaan Nusantara CSR Awards 2020 kategori peningkatan mutu pendidikan SDN Lembung Paseser, pengembangan desa wisata doudo agro edu green village, dan bantuan charity Poleng Lawan Covid-19.

“Alhamdulillah untuk program-program CSR kami mendapat apresiasi di tingkat  Nasional. Di tahun 2021 tentunya ada peningkatan untuk program-program tersebut dan akan terus kita gali potensi masyarakat di wilayah kerja Perusahaan agar mereka dapat maju bersama Pertamina,” harap Jemy.

Di masa pandemi ini Perusahaan pun terus mengingatkan para pekerjanya untuk jujur dan disiplin menjalankan protocol pencegahan covid-19. “Dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja dengan tetap memastikan tercapainya perlindungan pekerja dari resiko penyebaran covid-19, bagi mereka yang kembali dari perjalanan kedinasan maupun non kedinasan wajib melakukan karantina mandiri sambil melaksanakan work from home atau wajib melaksanakan swab antigen/PCR test,” jelas Jemy.

“Saya harap sinergi, perbaikan, dan inovasi di terus dilakukan dan ditingkatkan sehingga target produksi akan tercapai di tahun 2021,” tutup Jemy.  (*)