Semua Tamu UN Habitat di Surabaya Diswab Tes Sejak dari Bandara

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

Para tamu sedang menjalani swab tes. (ist)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melakukan swab kepada semua tamu perayaan global Hari Habitat Dunia, atau World Habitat Day. Pelaksanaan swab ini akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya sejak dari Bandara Juanda.

BACA JUGA :  Dari 49 Perusahaan, PEPC Dinobatkan yang Terbaik KPI SCM SKK Migas

“Jadi setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan swab tes di bandara,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, Senin (5/10/2020).

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19 ini tentunya jumlah tamu yang hadir pun dibatasi. Mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Adapun peserta yang sudah tiba antara lain Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Armando Gonzalo Alvarez Reina dan Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Juan Camilo Valencia Gonzalez. Setibanya mereka di Bandara Juanda langsung mengikuti tes swab atas inisiatif Pemkot Surabaya.

“Swab adalah inisiatif Pemkot Surabaya untuk tamu yang datang dari luar kota atau luar negeri. Setelah menjalani swab, mereka kemudian tinggal di hotel sembari menunggu hasil swab keluar,” tambahnya.

Perlu diketahui, acara UN Habitat tersebut dilaksanakan di Balai Kota Surabaya dimulai malam ini. Nantinya dalam acara tersebut akan ada panggung penampilan parade seni, pemberian penghargaan kepada lima pemenang UN-Habitat Scroll of Honour yang berasal dari Uganda, Malaysia, Nepal, Colombia, dan Mexico. Namun karena ada beberapa kendala di tengah pandemi, maka yang hadir ke Surabaya hanya dua orang pemenang. (nul)