Selama 2019, Ada 37 Pengguna Narkoba Gresik Diproses Hukum

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 di Gresik diikuti Wakil Bupati Gresik Moh Qosim, Kapala BNNK Gresik AKBP Supriyanto beserta jajaran.

KLIKJATIM.Com | Gresik – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik mencatat selama 2019 lalu, sedikitnya 37 orang yang menyelahgunakan narkoba diproses hukum. Sebanyak 10 orang dengan kisaran umur 20 – 35 tahun yang diproses hukum, dan sebanyak 27 orang dengan kisaran umur 18-29 tahun yang direhabilitasi.

BACA JUGA :  Cegah Kerusakan Paska Terendam Banjir, Jalan Raya Porong Ditutup Hingga Hari Jumat

Kepala BNNK Gresik, AKBP AKBP Supriyanto menjelaskan, untuk tahun ini, hingga Juni angkanya sudah mencapai 2 orang diproses hukum. Mereka berumur antara 20-25 tahun dan 18 orang direhabilitasi dengan rata-rata umur di bawah 28 tahun. “Pengguna Mayoritas generasi millenial, mereka lebih mudah terjerat karena rasa penasaran dan ingin tahunya tinggi, akhirnya coba-coba,” ujar Supriyanto Kepala BNNK Gresik.

Untuk mengantisipasi persebaran di kalangan muda di wilayah Gresik, BNNK Gresik terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan untuk menekan penyebaran narkoba. “Kita lakukan sosialisasi dan penyuluhan, selain itu melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan edukasi kepada generasi millenial tersebut agar jauh dari narkoba,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Agar Lebih Kuat dan Bertenaga Sopir Trailer Asal Lamongan Konsumsi Sabu

Sementara itu Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 berlangsung berbeda dari tahun sebelumnya. Mengangkat tema hidup 100% di era new normal Sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba, peringatan dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan menggelar video conference bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri.

Ikut hadi dalam Vidcon Wakil Bupati Gresik Moh Qosim, Kapala BNNK Gresik AKBP Supriyanto beserta jajaran mengikuti video conference di Ruang Graita Lantai 2 Kantor Bupati Gresik.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin dan Komjen Heru Winarko selaku Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI berpesan untuk selalu waspada terhadap persebaran narkoba di Indonesia. Karena dari data BNN RI, tahun 2019 di Indonesia lebih dari 3 juta orang menjadi pengguna. (mkr)