Segera Berlakukan Tilang Online, Pemkab Tulungagung Anggarkan Rp 1,2 Milliar untuk Pengadaan Satu Titik ETLE

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kondisi lalu lintas di simpang empat tamanan. (Iman/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Pemberlakuan tilang online bagi para pelanggar lalu lintas di Kabupaten Tulungagung segera dimulai. Saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sedang mempersiapkan terkait pengadaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), yang rencananya dipasang di simpang empat tamanan.

BACA JUGA :  Pipa PDAM Bocor, Pemasangan Box Culvert di Jalan Harun Tohir Diprotes Warga

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan, anggaran untuk seperangkat alat yang diperlukan dalam penerapan ETLE juga sudah ada. Nilainya mencapai Rp 1,2 miliar untuk satu titik di simpang empat tamanan.

“Satu titik itu anggarannya mencapai Rp 1,2 miliar,” jelasnya.

Dia pun mengungkapkan, bahwa rencana penerapan sistem ini akan dilaunching pada 17 Maret mendatang. “Launchingnya nanti 17 Maret, (masih) soft launchingnya dan ini kita sedang persiapan untuk itu,” lanjutnya.

Nantinya akan dievaluasi pasca aktifasi di simpang empat tamanan tersebut. Dalam evaluasi ini akan dibahas bersama dengan Satuan Lali Lintas (Satlantas) Polres Tulungagung.

Alasannya memilih simpang empat tamanan sebagai pilot project, karena dianggap paling representatif terkait kepadatan lalu lintas di wilayah Tulungagung. “Nanti dievaluasi, bagaimana koneksinya, bagaimana servernya, bagaimana kontrolnya dan lain-lain. Pasti ada evaluasinya,” terang Galih. (nul)