Sebelum Dibuka, Relawan Bersihkan Sampah di Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Mojokerto–Sebelum pendakian dibuka untuk umum, Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Volunteer Jawa Timur menggelar pembersihan sampah di pos-pos jalur Gunung Penanggungan. Gunung Penanggungan sendiri terletak di area hutan Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

BACA JUGA :  Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa dan Cagar Alam Bawean Meningkat

Memperingati World Cleanup Day 2021, Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Volunteer Jawa Timur membuat acara dengan tema “Manajemen Sampah Gunung”.

Aryogi Prasetyo Bhekti selaku Tim SAR di Gunung Penanggungan mengatakan, manajemen sampah gunung ini agar berani menciptakan sampah, berani mengawal hingga habis terurai. Acara ini diselenggarakan pada 25-26 September 2021 yang berlokasi di Pos Pendakian Gunung Penanggungan, Mojokerto.

Menurutnya, kegiatan ini menggandeng beberapa Community Partner seperti LMDH Mojokerto, Gerakan Majapahit Muda, Goebook Library, Filosofi Darjo, HMPIG Mojokerto, Sar Penanggungan, Elite Nature, Relawan Sosial peduli Kemanusiaan, LSM Jarkomnas, Pepelingasih Sidoarjo, dan Kamis sore.

“Kegiatan ini diikuti oleh 25 relawan dengan rincian acara mulai dari camp ceria, podcast serta aksi pilah dan data sampah gunung Penanggungan,” kata Aryogi kepada klikjatim.com Senin (27/9/2021).

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi khususnya kepada para pendaki untuk membudayakan membawa turun sampah dan bisa memilahnya. Podcast dalam acara ini mengundang dua aktivis lingkungan yang aktif di gunung Penanggungan.

Sementara itu, Bayu Katulistiwa Samudera selaku pergiat lingkungan menambahkan, untuk aksi pilah dan data sampah gunung Penanggungan dilakukan di 3 titik, titik pertama ada di Pos Pendakian Gunung Penanggungan dan 2 titik lainnya ada di Warung Cak Nur dan Warung Mak Indah gunung Penanggungan.

“Ya, kegiatan ini untuk mengetahui seberapa banyak sampah yang dihasilkan para pendaki gunung Penanggungan yang di buang,” imbuhnya

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, bisa membawa manfaat bagi warga dan para pendaki gunung Penanggungan agar membuang sampah pada tempatnya.(mkr)