Sebanyak 3.219 Pasien Positif Covid Surabaya Dinyatakan Sembuh

Reporter : Redaksi - klikjatim

Salah satu pasien Covid-19 asal Kota Surabaya yang sudah dinyatakan sembuh. (Arifin/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Kota Surabaya masih terus bergerak naik. Hingga Kamis (9/7/2020) kemarin, total jumlah pasien positif yang menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh tercatat sebanyak 3.219 orang dari total 6 ribu lebih kasus.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, dalam satu hari kemarin jumlah pasien positif yang sembuh lumayan banyak yaitu 76 orang. Di antaranya terdiri pasien rawat inap di rumah sakit, isolasi di hotel asrama haji serta pasien rawat jalan atau isolasi mandiri.

“Rinciannya dari Hotel Asrama Haji 34 orang, kemudian rawat inap rumah sakit 16 orang dan rawat jalan 26 orang,” kata Febria Rachmanita, Jum’at (10/7/2020).

BACA JUGA :  Nyopet di Waktu Natal 2020, Residivis Cewek Ini Ditangkap Saat Akan Beraksi Lagi di Mall

Lebih jauh diungkapkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) hingga saat ini berjumlah 5.640 orang. Rinciannya 2.357 orang masih dipantau dan sisanya sudah selesai pemantauan.

“Yang sudah selesai dipantau oleh kami ada 3.283 orang,” ungkapnya.

Adapun jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 4.576 orang dan tersisa 380 orang masih dipantau. “Kami juga perlu sampaikan bahwa data ini terus bergerak,” papar Febri yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Surabaya ini.

BACA JUGA :  Cabup Gus Muhdlor Tantang Adu Program di Pilbup Sidoarjo

Pihaknya pun optimis bahwa tren kesembuhan pasien positif corona akan terus meningkat. Apalagi pasien sangat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Seperti halnya pasien-pasien sembuh yang berasal dari rumah sakit haji, karena mereka disiplin protokol kesehatan. “Meraka kan orang tanpa gejala (OTG), mereka merasa tidak merasa gejala karena imunitasnya kuat. Jadi cepat negatif saat dites swab,” pungkasnya. (nul)