Sebagian Produk Pelaku Usaha Situbondo Layak Ekspor, Kemendag Akan Latih Masalah Pengemasan

Reporter : Redaksi - klikjatim

Sebagian Produk Pelaku Usaha Situbondo Layak Ekspor, Kemendag Akan Latih Masalah Pengemasan. (Istimewa)

KLIKJATIM.Com | Situbondo – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyampaikan bahwa sejumlah produk unggulan milik pelaku usaha Situbondo dinilai sudah layak ekspor. Hanya saja, masih perlu pelatihan di bidang pengemasan.

BACA JUGA :  Pengurus Serikat Buruh di Sidoarjo Diberi Bimbingan Teknis di Hotel, Ternyata Ini Tujuannya

Untuk itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. “Kami punya Balai Pelatihan Ekspor yang memberikan pelatihan mulai pengemasan, kebersihan, workshop, seminar, sampai pendampingan dalam tata cara melakukan ekspor,” kata Wakil Menteri (Wamen) Jerry saat kunjungan kerja ke Situbondo seperti dilansir jatim.antaranews.com, Sabtu (5/6/2021).

Dengan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha, maka produk unggulan Situbondo pun akan bisa bersaing di pasar dunia. Menurutnya, program pelatihan ekspor memang dikhususkan untuk produk lokal yang ada di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Situbondo.

“Hal ini kami lakukan untuk mendorong produk-produk lokal yang dinilai punya nilai jual tinggi agar bisa bersaing di level dunia,” paparnya.

Sehingga memang perlu ada pemetaan produk lokal yang sangat berpotensi di “Kota Santri” ini. “Nantinya kami petakan apa yang potensial di Situbondo. Misal kopi, dan kerajinan akar pohon jati dan produk lokal lainnya. Secepatnya akan kami tindaklanjuti untuk pelatihannya. Nantinya produk tersebut kami pasarkan di 40 negara,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan terima kasih karena sejumlah produk lokal Situbondo yang dipaparkan kepada Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga disambut baik, bahkan didukung untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di Situbondo.

“Alhamdulillah, apa yang kami paparkan kepada Pak Wakil Menteri Perdagangan tadi disambut baik, dan beliau menyampaikan akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha yang produknya layak ekspor,” katanya.

Bung Karna, sapaan bupati Situbondo, juga mengaku bangga karena Wamen Perdagangan meluangkan waktunya berkunjung ke salah satu kerajinan akar pohon jati di Desa/Kecamatan Kendit. Perlu diketahui bahwa kerajinan tersebut selama ini produknya sudah ekspor ke Eropa, maupun Negara Timur Tengah.

“Beliaunya juga tadi berkenan berkunjung ke produk kerajinan berbahan baku akar pohon jati. Pak Wamen Perdagangan juga akan mengundang perajin akar pohon jati itu untuk mengikuti kegiatan pameran di Jakarta,” tuturnya. (nul)