Saudagar Bawean Dirikan Koperasi di Gresik, Targetkan Pangsa Pasar Hingga Mancanegara

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Anggota DPR RI Yahya Zaini melihat produk oleh-oleh khas Bawean di Koperasi KSBM. (Miftahul Faiz/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.COM | Gresik – Kemandirian Ekonomi masyarakat Bawean mulai muncul ke permukaan. Kali ini Persatuan Saudagar Bawean meluncurkan soft opening Koperasi Saudagar Bawean Mandiri (KSBM) di Jalan KH. Kholis Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik Kota, Minggu (8/11/2020).

BACA JUGA :  Kasus Covid-19 Tinggal 59 Pasien, Risma Sebut Tenaga Medis Surabaya Imbangi Negara Lain

Acara yang dihadiri anggota DPR RI Yahya Zaini, empat anggota DPRD Gresik Dapil Bawean serta para tokoh masyarakat Pulau Bawean yang ada di daratan Pulau Jawa.

Anggota DPR RI asal Pulau Bawean Yahya Zaini menjelaskan, pihaknya selama ini sangat apresiasi dengan bermunculan wadah perekonomian oleh warga Bawean.

“Saya sebagai orang asli Bawean turut bangga dengan diluncurkannya Koperasi Saudagar Bawean Mandiri (KSBM) ini,” katanya.

Salah satu tokoh masyarakat Bawean Izzudin mengapresiasi atas diluncurkannya koperasi pusat oleh-oleh Bawean. “Luar biasa, proses produk lokal sudah dirasakan di daratan Pulau Jawa, ini tak lepas dari kekompakan teman-teman Bawean di Gresik, khususnya Psb  Bawean di Gresik. Kedepannya bisa menjadi besar dan tersebar di kota-kota,” urainya.

Selain itu, KSBM juga melayani bahan-bahan pokok Bawean yang siap dikirim ke luar negeri. “Karena banyak sebagian warga Bawean yang kerabat dan keluarganya di luar negeri yang rindu makanan Bawean,” tambahnya, yang juga pengawas KBSM itu.

Manajer sekaligus pengelola KSBM Hasis menjelaskan, KSBM didirikan dengan perkembangan produk mamin, aksesosris, serta fashion asli Bawean yang kesulitan pemasaran. “Dengan KSBM ini bisa mengangkat produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat Pulau Bawean,” katanya sambil melayani pembeli.

Disamping itu, pihaknya juga berusaha mengangkat profit orientet bagi organisasi persaudaraan Saudagar Bawean. 

Ia berharap bagi masyarakat Bawean yang dari luar negeri Malasyia, Singapura, dan lainnya bisa belanja oleh-oleh khas Bawean.

“Semuanya ada, harapannya ini sebagai alternatif produk Bawean bagi para pelancong atau wisatawan yang ada di daratan Pulau Jawa,” harapnya.

“Dan KSBM ke depan akan dilakukan perizinan produknya hingga meluas ke masyarakat Jawa,” tutup dia.

Dan mulai hari ini KSBM sudah beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. (bro)