RS Umar Masud Bawean Punya 5 Dokter Spesialis, Pemkab Gresik Sediakan Beasiswa Sekolah Dokter Khusus Putera Bawean

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kadinkes Gresik Saifudin Ghozali, Anggota DPRD Gresik Musa saat beraudiensi bersama para dokter spesialis dan Direktur RS Umar Masud Bawean.(Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik—RSUD Umar Masud di Kepualauan Bawean, Kabupaten Gresik kini telah memiliki lima dokter spesialis. Dokter spesialis yang bertugas tersebut merupakan program dari Kementerian Kesehatan dan Provinsi Jatim.

BACA JUGA :  Ada Larangan Mudik, Omzet Jasa Persewaan Speddboat Telaga Sarangan Anjlok

Rabu (9/6/2021) Bupati Gresik bersama Kepala Dinas Kesehatan drg Saifudin Ghozali dan Direktur RS Umar Masud Bawean menggelar rapat koordinasi. Hadir juga anggota DPRD Gresik Dapil Bawean, Musa.

Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani mengatakan, peningkatan pelayanan di RS Umar Masud Bawean dapat mengurangi pasien rujukan dari Pulau Bawean. Saat ini, kata Gus Yani, di RS Umar Masud telah memiliki dokter spesialis kandungan, anak dan bedah dari program Kementerian Kesehatan.

“Kemudian ada dokter spesialis penyakit dalam dan anastesi dari program Provinsi Jatim,” terang Yani.

Bupati berharap, ada kolaborasi antara RS Umar Masud dengan RS Ibnu Sina sebagai rumah sakit milik Pemkab Gresik. Ke depan pelayanan kesehatan di Bawean akan terus dievaluasi sebagai bahan perbaikan.

“Pelayanan kesehatan, rujukan pasien banyak ke daratan. Dengan adanya dokter spesialis ini semoga bisa meminimalisir tingkat pasien yang dirujuk,” harapnya. 

Disampaikan Gus Yani, Pemkab Gresik juga akan membuka beasiswa bagi putra-putri asli Bawean yang kini telah menjadi dokter, pemkab, kata Yani, akan menyediakan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dokter spesialis

“Setelah lulus dokter spesialis ada pengabdian di RS Umar Masud. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan,” paparnya.

Anggota DPRD Gresik Dapil Bawean, Musa mengapresiasi program bupati memberikan beasiswa sekolah lanjutan dokter bagi putra-putri asli Bawean. Dia meyakini dengan program tersebut tingkat pasien rujukan dari RS Umar Masud akan berukurang.

“Kita patut apresiasi kebijakan beliau, kita harus mengawal bersama, bismillah pelayanan kesehatan di Bawean makin baik dan maju,” tutup dia. (mkr)