Rokok Ilegal Tanpa Pita Cukai Masih Banyak Beredar Di Pasar Tradisional

Reporter : Catur Rini - klikjatim.com

Kegiatan pemeriksaan rokok ilegal yang dilakukan di pasar tradisional

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo –  Pemahaman masyarakat tentang keberadaan rokok ilegal tanpa pita cukai ternyata masih banyak yang kurang memahami.

Walaupun sudah beberapa kali Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Sidoarjo melakukan sosialisasi ke masyarakat. Hal ini terbukti dengan masih ditemukannya rokok ilegal tanpa pita cukai tersebut dijual di warung-warung kecil yang terletak diperbatasan wilayah Sidoarjo, juga di pasar-pasar tradisional yaitu pasar Krian dan pasar Tanggulangin.

Kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Sidoarjo menyatakan peredaran rokok ilegal yang ada diwilayah Sidoarjo ini sebagian besar menyasar daerah pinggiran yang dianggap masyarakat minim pemantauan oleh petugas Bea Cukai Kabupaten Sidoarjo. Guna menekan kasus peredaran rokok tanpa pita cukai, pihaknya bersama jajaran intensif melakukan pengintaian dan sosialisasi. Selain itu juga meminta kepada masyarakat untuk ikut aktif melaporkan jika ditemukan rokok ilegal tanpa pita cukai.

“Dalam hal ini peran masyarakat sangat diperlukan dalam memberantas rokok ilegal tanpa pita cukai,” kata dia.

Demi meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat tentang bahaya peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Sidoarjo mengenalkan aturan cukai sebagaimana diamanatkan dalam UU 39 Tahun 2007 Tentang Cukai. Ancamannya hukuman pidana penjaranya minimal satu tahun dan maksimal lima tahun atau denda minimal dua kali nilai cukai dan maksimal 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Kepala seksi penyuluhan dan layanan informasi Bea Cukai Sidoarjo Niken Lestrie Premanawatie berharap masyarakat bisa memahami bahaya yang ditimbulkan apabila mengonsumsi atau bahkan menjual rokok ilegal, sehingga peredaran rokok ilegal bisa menurun atau bahkan sudah tidak ada lagi. (adv)