Ribuan Orang Gila di Tulungagung Segera Divaksin Covid-19

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung, DIdik Eka

KLIKJATIM.com | Tulungagung – Dinas Kesehatan Tulungagung terus mempersiapkan pemberkasan untuk penerima vaksin Covid-19 tahap ketiga. Dalam tahap ketiga yang sesuai jadwal dilaksanakan pada bulan Juli ini menyasar masyarakat umum yang rentan,salah satunya adalah komunitas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Tulungagung.

BACA JUGA :  Juragan Rongsokan yang Dibunuh Mantan Kulinya Diduga Karena Dendam

Kabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung, DIdik Eka mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap verifikasi ODGJ. “ODGJ yang kita verifikasi ini adalah sejumlah 2515 orang, mereka ini selama ini telah mendapatkan pengobatan rutin dari DInas dan dipantau terus kesehatannya,” jelas DIdik.

Verifikasi yang dilakukan adalah dengan melihat kelengkapan administrasi ODGJ tersebut, jika yang bersangkutan telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka data yang bersangkutan bisa langsung dimasukkan dalam sistem,namun jika belum memiliki NIK maka akan dibuatkan NIK terlebih dahulu.

“Yang punya NIK langsung dimasukkan sistem, yang tidak punya akan dibuatkan, karena salah satu syaratnya kan terdata dan memiliki NIK,”terang Didik.

Selanjutnya menurut Didik, diperkirakan pada minggu akhir bulan Juni mendatang, proses vaksinasi bisa mulai dilakukan kepada ODGJ. “Verifikasi, diprediksi minggu ini selesai selanjtunya persiapan vaksinasi dan vaksinasinya sendiri kira kira akhir bulan Juni ini mulai kita lakukan,” ucapnya.

Pihaknya akan menggandeng bidan desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa guna melakukan vaksinasi kepada ODGJ dengan sistem door to door.“Nah kita lakukan door to door,kita kerja sama dengan Puskesmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, agar proses vaksinasinya berjalan lancar,” pungkas Didik. (rtn)