Rencana Pembangunan Gudang di Museum Daerah Tulungagung Tahun Ini Masih Nihil

Reporter : Iman - klikjatim.com

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung, Bambang Ermawan. (Iman/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung, Bambang Ermawan memastikan, bahwa tahun ini tidak ada pembangunan gudang untuk penyimpanan benda cagar budaya di Museum Daerah Tulungagung, tepatnya di Jalan Ki Mangunsarkoro. Sebab anggarannya di APBD 2021 belum muncul.

BACA JUGA :  Satu Keluarga di Jombang Kota Santri Bisnis Narkoba, Omzetnya Miliaran Rupiah

“Kita sudah matur ke Pak Bupati karena kondisinya kan memang sudah jebol jebol (bangunan rusak), tapi sepertinya tidak ada di anggaran,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, belum teranggarkannya rencana pembangunan gedung museum karena masih fokus penanganan pandemi Covid-19. “Ya karena fokusnya masih covid ini,” kilahnya.

Disinggung terkait prediksi kapan pembangunan gudang akan bisa dilakukan, pihaknya pun belum bisa memastikan. Bambang berharap, dalam perubahan anggaran di penghujung tahun ini ada anggaran untuk pembuatan gudang.

Perlu diketahui sebelumnya, kondisi museum Daerah Tulungagung di Jalan Ki Mangunsarkoro sempat mendapatkan sorotan. Pasalnya bangunan pada museum itu dinilai sudah over load, sehingga puluhan benda cagar budaya tidak bisa dipamerkan dalam ruang pamer dan malah disimpan di ruangan tak layak.

Informasi yang dihimpun klikjatim.com, ruangan yang dipakai untuk menyimpang barang-barang tersebut berlokasi di gudang berdinding triplek berukuran kurang dari 4 kali 4 meter. Dan bangunan yang berlokasi di sebelah selatan museum ini menjadi gudang dadakan. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, dikhawatirkan air hujan dapat menembus dinding triplek dan merusak benda cagar budaya yang tersimpan di dalamnya.

Selanjutnya pada akhir tahun 2020 kemarin, sempat beredar kabar bahwa Pemkab Tulungagung akan membangun gudang untuk penyimpanan benda cagar budaya di museum tersebut. (nul)