Rekruitmen CPNS Ponorogo Masih Kekurangan Dana

Reporter : Agus Riyanto - klikjatim.com

Kegiatan pendaftaran CPNS Pemkab Ponorogo bbeerapa waktu lalu.

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Kegiatan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Pemerintah Kabupaten Ponorogo tahun ini dipastikan kurang. Anggaran yang sudah disiapkan dalam APBD 2020 sebesar Rp 1,4 miliar dinilai masih kurang karena ada pembengkakan anggaran.

BACA JUGA :  Pengedar Besar Narkoba Wilayah Kota Diringkus Satreskoba Polres Kediri

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief menjelaskan, salah satu tahapannya, seleksi kompetensi bidang (SKB), digelar di tengah pandemi Covid-19. Untuk mencukupi berbagai kebutuhan terkait protokol pencegahan Covid-19

Dikatakan, anggaran yang sudah ditetapkan hanya untuk kegiatan pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), hingga SKB dan pemberkasan. Namun, jadwal dan biaya yang telah direncanakan berantakan imbas pandemi. Sebab, tahapan tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan terhadap protokol pencegahan Covid-19.

Dari alokasi tersebut sudah terserap Rp 1 miliar untuk membiayai tahapan seleksi yang sudah digelar. Sehingga, masih tersisa Rp 400 juta. Namun, menurut Winarko, sisa anggaran tersebut masih kurang. ‘’Kalau tidak ada pandemi, seharusnya Rp 1,4 miliar itu cukup untuk biaya penyelenggaraan dari awal sampai akhir,’’ jelasnya.

Winarko mencontohkan pembengkakan biaya sewa gedung. Dari yang seharusnya cukup empat hari, harus diperpanjang untuk mengurai kerumunan massa. Belum termasuk penyediaan alat pelindung diri (APD). Mulai dari masker, face shield, sarung tangan, alat pengukur suhu tubuh, hingga fasilitas cuci tangan. (hen)