Rekapitulasi Suara Pilwali Surabaya Digelar di Hotel Singgasana

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro–Rekapitulasi suara Pilwali Kota Surabaya digelar di Hotel Singgasana, Surabaya. Sesuai jadwal, rekapitulasi digelar 15-16 Desember 2020.

BACA JUGA :  Dari Surabaya Hilal Juga Belum Tampak, Ramadan Digenapkan 30 Hari

Di hari pertama kali ini, sebanyak 16 kecamatan membacakan hasil suara yang telah direkapitulasi di kecamatan. Sementara kecamatan lainnya akan dibacakan di hari kedua.

Ketua KPU Kota Surabaua Nur Syamsi mengatakan, mekanisme rekapitulasi tingkat kota adalah membacakan form D tentang keberatan saksi dan membacakan seluruh data yang ada di dalam form D hasil tingkat kecamatan.

“Form D hasil tingkat kecamatan merupakan produk dari rekapitulasi tingkat kecamatan, nantinya itu yang kami bacakan. Selain itu juga membacakan form D keberatan saksi,” terangnya, Selasa (15/12/2020).

Sementara itu, ketua Bawaslu Surabaya, Muhammad Agil Akbar mengatakan, secara prinsip pihaknya telah melakukan pengawasan mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan, dari situ Bawaslu menememukan beberapa kesalahan prosedur. Namun, Lanjut Agil, kesalahan tersebut sudah di tindaklanjuti dari tingkat kecamatan.

“InsyaAllah kesalahan tersebut sudah di tindak lanjuti di tindaklanjuti kecamatan jadi kita cek ulang. Kalau di KPU ada Sirekap kalau di Bawaslu ada Siwaslu yang mengcounter secara digital,” pungkasnya. (mkr)