Rangkaian HJB ke 344, Prosesi Pengambilan Api Abadi Digelar dengan Prokes Covid-19

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Prosesi penyerahan api abadi di wisata Kayangan Api Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. (Afif/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro – Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-344, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah melaksanakan prosesi pengambilan api abadi sebagai salah satu awal pembuka kegiatan. Prosesi pengambilan api abadi ini berlangsung di wisata kayangan api Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (19/10/2021).

BACA JUGA :  Cafe di Area Fasum, Usaha Pengurus RT Tingkatkan Ekonomi Warga

Prosesi pengambilan api ini dipimpin oleh Camat Ngasem, Waji yang didampingi para Kepala Desa (kades) se Kecamatan Ngasem. Adapun pengambilan api dilakukan oleh juru kunci wisata kayangan api, yaitu Parlan.

Dari pantauan di lapangan, sebelum pengambilan api abadi telah diawali dengan ritual persembahan sesaji dan pusaka keris. Kemudian lanjut dengan diiringi tarian waranggono dan rabue bunga yang mengelilingi sumber pusaran api abadi.

Setelah api abadi diambil dengan menggunakan obor oleh juri kunci, api abadi tersebut diserahkan kepada Camat Ngasem. Lalu, estafet diberikan kepada petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro untuk dikirab menuju kantor Bakorwil Bojonegoro.

Camat Ngasem, Waji mengatakan, prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HJB Kabupaten Bojonegoro ke-344 kali ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, tapi karena situasi pandemi yang belum berakhir sehingga prosesi tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Nanti sore api abadi akan diserahkan oleh Camat Ngasem kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Imam Sholikin. Lalu lanjut diserahkan kepada Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah untuk disemayamkan di Pendopo Malowopati Bojonegoro,” pungkasnya. (adv/nul)