Puncak HPN 2021, PWI dan DPRD Gresik Berikan Penghargaan Tokoh Inspiratif

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Ketua DPRD Gresik, Moch Abdul Qodir saat memberikan sambutan dalam acara Bincang Tokoh Nasional dan Giri Pancasuar Awards 2021 dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) oleh PWI Gresik pada Selasa (30/3/2021). (Abdul Aziz Qomar/Klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Agenda puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik, bekerjasama dengan DPRD setempat telah ditutup dengan penganugerahan kepada tokoh-tokoh inspiratif. Total ada lima tokoh yang terpilih sebagai penerima penghargaan Giri Pancauar Awards (GPA) tahun ini.

BACA JUGA :  Icon Mall Luncurkan iCard, Ajak Masyarakat Tak Takut ke Mall

Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) sangat ketat, yang bertempat di Ballroom Giriloka Aston Inn Gresik, Selasa (30/3/2021). Para tokoh inspiratif penerima penghargaan ini dinilai menjadi sosok inspirasi yang membawa harum nama Kabupaten Gresik.

Untuk lima penerima GPA 2021 di antaranya Sri Kurnia Abdi Pradhana. Ia merupakan pemuda millenial asal Panceng, yang mampu mengembangkan aplikasi Gresik Online Shop (GOLS). Yang kedua ada nama Susmiati Rahmawati Aziz, yaitu perempuan hebat penggerak ekonomi. Berkat kegigihannya dalam berwirausaha, kini bisnis kuliner warung Apung Rahmawati miliknya berkembang pesat hingga mempunyai banyak cabang di Jawa Timur.

Lalu, Kepala Dinas Kesehatan Gresik, drg. Saifuddin Ghozali. Dia terpilih sebagai penerima GPA berkat keseriusan dan komitmennya dalam menjalankan tugas untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 di daerah setempat. Kemudian AKBP Arief Fitrianto, sosok Kapolres Gresik yang mampu menjaga kondusifitas dan keamanan masyarakat di wilayah hukum Kota Pudak.

Serta Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto. Jasanya saat menjabat sebagai Dandim 0817 Gresik, jenderal bintang dua itu sempat membawa Gresik United bersaing di divisi utama Liga Indonesia.

Ketua DPRD Gresik, Moch. Abdul Qodir mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan GPA yang sudah digagas oleh PWI Gresik sejak beberapa tahun terakhir. “Acara tersebut luar biasa, tentu harus dilanjutkan. Kalau perlu ditambah dengan berbagai kategori,” ujarnya.

Sebab para penerima merupakan tokoh inovatif yang aktif di berbagai lini sosial dan masyarakat. “Baik itu praktisi, akademisi, birokrat hingga aktifis,” ucapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, penghargaan tersebut mungkin tidak sebanding dengan kontribusi yang sudah dilakukan. Namun setidaknya bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi lainnya untuk berlomba-lomba menuju kebaikan.

Jajaran Forkopimda Gresik saat foto bersama dengan anggota PWI Gresik. (Abdul Aziz Qomar/klikjatim.com)

“Sehingga dengan reward tersebut dapat memotivasi. Bahkan menginspirasi masyarakat dalam berlomba-lomba menuju kebaikan,” pungkas politisi PKB itu.

Senada dikatakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah. Menurutnya, program Bincang Tokoh Nasional dan GPA yang diselenggarakan oleh PWI ini sangatlah bermutu.

“Tentu, sosok-sosok hebat (tokoh inspiratif) tersebut ikut membawa harum kota ini. Bahkan secara langsung juga membantu program-program pemerintah untuk terus maju dan berkembnag,” ungkapnya.

Bu Min, sapaannya, berharap agar kegiatan yang digelar PWI Gresik menjadi inspirasi bagi masyarakat. “Agar terus berlomba-lomba untuk membuat inovasi dengan berbagai kegiatan yang memotivasi untuk tetap berkarya di masa pandemi ini,” ucapnya.

Dan harapannya, semua upaya ini bisa mengubah sudut pandang masyarakat tentang kinerja para jurnalis di Kota Pudak. “Sebab jurnalis adalah salah satu pilar demokrasi. Saran dan masukan sangat diperlukan sebagai salah satu tolak ukur kinerja pemerintahan Gresik Baru ini,” imbuhnya. (adv/nul)