Puluhan Milenial Belajar Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (PEPELINGASIH) Kabupaten Sidoarjo mengunjungi Kampung Edukasi Sampah, RT 23 RW VII, Kelurahan Sekardangan Sidoarjo, Minggu (13/6/2021).

KLIKJATIM.Com I Sidoarjo – Untuk mengetahui proses pengolahan limbah sampah rumah tangga yang benar, puluhan millenial yang tergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (PEPELINGASIH) Kabupaten Sidoarjo mengunjungi Kampung Edukasi Sampah, RT 23 RW VII, Kelurahan Sekardangan Sidoarjo, Minggu (13/6/2021).

BACA JUGA :  Update Covid-19 Bojonegoro: ODP Bertambah Jadi 37

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Green Class dan Green Festival kegiatan pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Kabupaten Sidoarjo.

Edi Priyanto, Pegiat Lingkungan Kampung Edukasi Sampah menyambut baik dan mengapresiasi para milenial yang peduli terhadap permasalahan pengelolaan lingkungan. Menurutnya, peran generasi muda sangat dibutuhkan untuk mengkampanyekan gerakan pemilahan sampah mulai tingkat rumah tangga.

“Pemilahan dan pengolahan sampah yang dilakukan mulai dari rumah tangga tersebut akan efektif dalam pengurangan volume sampah yang dibuang oleh masyarakat. Setidaknya 75% volume sampah akan bisa tereduksi,” terangnya.

Edi berharap, mereka nantinya bisa menjadi duta dan kader lingkungan di wilayahnya masing2 untuk mendorong dan mengkampanyekan program pemilahan dan pengolahan sampah ini mulai dari keluarga, tentunya harus mengajak serta peran RT dan RW nya.

Dalam kunjungan di Kampung Edukasi Sampah mereka dibagi dalam beberapa kelompok, selanjutnya diberikan edukasi praktis tentang cara pengolahan sampah menggunakan komposter takakura dan aerob, manajemen bank sampah, pembuatan pupuk cair organik dan pemanfaatan tanaman obat keluarga.

“Kami juga telah memanfaatkan tenaga surya. Energi yang dihasilkan kemudian disalurkan untuk budi daya tanaman hidroponik,” imbuh Edi. (rtn)