PT Smelting Hijaukan Rumput Stadion GJOS

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Manshur, ahli rumput bersama Soleh dari PT Smelting berada di dalam Stadion Gelora Joko Samudro dengan rumput yang hijau yang dibantu pemeliharaanya oleh PT Smelting

KLIKJATIM.Com | Gresik — Pernah masuk ke stadion Gelora Joko Samudro (GJOS)?. Bila anda masuk akan mendapati hamparan rumput hijau tebal di tengah stadion kebanggaan warga Gresik itu. Rumput hijau bak permadani itu selama ini dirawat oleh PT Smelting melalui anggaran CSR. Ya perusahaan pemurnian konsentrat itu sejak 2018 lalu bekerjasama dengan Pemakab Gresik melalui Memorandum of Understanding (MoU) untuk menumbuhkan serta merawat rumput stadion GJOS.

BACA JUGA :  Sopir Minivan yang Tabrak Polisi Saat Balap Liar Tulungagung Terancam Penjara 1 Tahun

Najib Jauhar Arifin, salah satu manajemen bidang Purchasing PT Smelting menceritakan, sejak 2018 lalu perusahaan dibawah naungan Mitsubishi Materials itu melakukan penanaman kembali rumput stadion GJos yang pada saat itu kurang subur.

“Kami gandeng Pak Mansur, seorang ahli rumput yang punya reputasi internasional, beliau berpengalaman merawat rumput di stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan di Argentina (luar negeri),” ucap Najib memulai ceritanya.

Dalam memulai rehabilitasi rumput itu PT Smelting membutuhkan waktu tak kurang dari enam bulan. Mulai dari pengurukan struktur lapangan sebelum ditanami rumput hingga penenaman. “Jadi kita mulai dengan yang paling dasar sesuai standard internasional,” tutur Najib.

Tak hanya menumbuhkan rumput, PT Smelting bahakan membangun instalasi pengairan untuk mencukupi kebutuhan air dalam perawatan rumput di GJOS. Selain itu sprinkel yang dapat menyemprotkan air dipasang di sudut-sudut lapangan.

“Kami pasang pipa sepanjang 1,5 kilometer untuk menjangkau sumber air. Sebelumnya kami upayakan pengeboran di beberapa titik GJOS tapi tidak berhasil menemukan sumber air,” ungkapnya.

Kondisi rumput Stadion Gelora Joko Samudro terlihat hijau dengan pemeliharaan yang kontinyu bantuan PT Smelting

Najib menerangkan, rumput lapangan GJOS kualitasnya standard internasional yang menurutnya lebih baik dari rumput di stadion Gelora Bung Karno (GBK). “Struktur lapangannya kan dibawah rumput itu pasir, dibawah pasir ada lapisan lagi, sehingga walaupun hujan tidak akan terjadi genangan air karena didukung drainase yang bagus senhingga air langsung meresap,” urainya.

Namun begitu, dengan struktur lapangan seperti itu, perawatan rumput menelan biaya  yang besar karena intensitas perawatan dan kebutuhannya haru terpenuhi agar rumput tidak rusak. “Jadi perawatan berkala yang kami lakukan tiap bulan meliputi perapian dan pemotongan rumput, pemupukan, pembuatan garis, pencabutan gulma dan pengendalian hama, top grasing dan rol perataan permukaan serta tentu saja penyiraman pagi sore,” rincinya.

Selain lapangan dalam yang memiliki luas 8.250 meter persegi,  PT Smelting pun turut menanam dan merawat rumput di lapangan luar stadion GJOS yang biasanya digunakan untuk berlatih. “Bulan Juni ini kita akan buat perjanjian kerjasama baru dengan Pemkab Gresik untuk melanjutkan perawatan dalam tempo 3 tahun kedepan,” tandasnya. (ris)