PT Petrokimia Gresik : K3 Bukan Lagi Kewajiban Namun Sudah Jadi Kebutuhan

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo saat menutup rangkaian bulan K3 secara virtual

KLIKJATIM.Com | Gresik – Petrokimia Gresik menutup peringatan Bulan K3 Nasional dan Viral Day Triwulan I, Jumat (28/05/2021). Penutupan dilakukan oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di Wisma Kebomas. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom, dan offline secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA :  Tok, 1 Syawal 1442 Hijriah Ditetapkan Jatuh Hari Kamis 13 Mei

Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 di Petrokimia Gresik juga dijadikan sebagai ajang untuk mendorong penerapan pola hidup sehat karyawan melalui kegiatan VIRAL, guna mendukung upaya penanggulangan, dan pencegahan penularan Covid-19.

Kegiatan VIRAL ini diinisiasi oleh PT Pupuk Indonesia (Persero). Dimulai pada 1 Januari hingga 31 Desember 2021, dan dibagi menjadi 4 Triwulan. Kegiatan Viral ini berupa kegiatan virtual running, walking dan cycling. Petrokimia Gresik yang merupakan anggota holding PT.Pupuk Indonesia sangat mengapresiasi kegiatan viral ini. Hal ini terbukti, jumlah karyawan Petrokimia Gresik yang mengikuti kegiatan Viral Triwulan 1 mencapai 2.241 orang, dan menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah peserta aktif di kegiatan Cycling dan Running/Walking diantara Anak Perusahaan Pupuk Indonesia.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo sangat mengapresiasi banyaknya karyawan yang aktif mengikuti kegiatan viral ini. Keaktifan ini secara tidak langsung menunjukkan masih tingginya ketertarikan karyawan Petrokimia Gresik dalam berolahraga meski adanya batasan-batasan di era pandemi Covid 19.

Rangkaian acara closing peringatan Bulan K3 dan Viral Day Triwulan I Petrokimia Gresik meliputi olah raga bersama dengan penerapan protokoler kesehatan secara ketat, rewarding pemenang lomba Bulan K3 meliputi Lomba Kuis K3 Online, Lomba Safety Idea, Lomba Penerapan Protokol Kesehatan, Lomba Poster K3 Digital, Lomba Fotografi K3. Sedangkan pemenang Viral Day bagi karyawan yang mampu menyelesaikan challenge Triwulan I diberikan reward berupa medali. Acara ini tidak hanya diikuti oleh karyawan organik namun juga melibatkan seluruh anak perusahaan maupun kontraktor dilingkungan Petrokimia Gresik.

Acara ini juga diisi Seminar K3 bertema “Penguatan Safety Leadership Untuk Mencapai Kinerja K3 Excellence” yang disampaikan oleh Soehatman Ramli, Dipl. SM., SKM., MBA.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, berharap, meskipun rangkaian kegiatan Peringatan Bulan K3 sudah ditutup, namun seluruh karyawan diharapkan tetap konsisten dalam meningkatkan hidup sehat, dan kebugaran dalam bekerja dilingkungan Petrokimia Gresik.

“Mari jadikan K3 sebagai budaya dalam setiap langkah dan aktivtas kita. K3 bukan lagi keharusan namun kebutuhan karena keterlibatan seluruh karyawan dalam menjalankan aspek K3 akan mendorong produktivitas kerja yang tentunya akan meningkatkan performance perusahaan,” ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik. (ris)