PT Petrokimia Gresik Ajak Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

llustrasi Karyawan Petrokimia Gresik Menggunakan Handsanitizer Sebelum Masuk Lift

KLIKJATIM.Com | Gresik – PT Petrokimia Gresik, mengajak masyarakat Jawa Timur, khususnya Kabupaten Gresik, untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Ini penting agar penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan dan angka penularan bisa segera turun.

BACA JUGA :  Naik Lion, Rekom Rapid Tes Berlaku 14 Hari

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, menyatakan kendati Kabupaten Gresik saat berstatus zona oranye atau risiko sedang, namun penambahan kasus positif Covid-19 masih terus terjadi setiap harinya.
“Untuk itu sangat penting bagi kita untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ujar Dwi Satriyo.

Kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan, lanjut Dwi Satriyo, dimulai dari lingkungan perusahaan. Ini karena Petrokimia Gresik sebagai objek vital nasional berupaya optimal agar tetap bisa menjalankan tugasnya menjaga ketahanan pangan nasional dengan maksimal di tengah wabah Covid-19.

Terkait penerapan protokol kesehatan di internal perusahaan, saat ini setiap Insan Petrokimia Gresik telah melakukan presensi kehadiran secara online. Seluruh karyawan juga wajib melakukan screening awal melalui pemeriksaan suhu tubuh dan gejala gangguan pernapasan seperti batuk, flu, sesak nafas, Medical Check Up (MCU), dan rapid test bagi seluruh karyawan maupun tenaga bantuan yang bekerja di lingkungan perusahaan, serta pemberian vaksin influenza.

“Hingga saat ini, kami telah melakukan 17.654 rapid test, 477 swab test, 5.426 vaksin influenza, 530 vaksin pneumonia, dan telah melakukan 2.728 MCU kepada karyawan organik maupun tenaga bantuan di lingkungan perusahaan,” ujar Dwi Satriyo.

Lebih lanjut Dwi Satriyo memastikan bahwa area kerja di Petrokimia Gresik saat ini telah memiliki sirkulasi udara yang baik dan memiliki fasilitas cuci tangan, tersedianya sabun dan air atau hand sanitizer serta masker, melakukan disinfektan secara berkala di seluruh area dan sekitar perusahaan termasuk wilayah masyarakat sekitar perusahaan.

“Kami juga menerapkan protokol Covid-19 pada saat penyelenggaraan rapat dan menerapkan physical distancing pada penerimaan tamu maupun saat menyelenggarakan acara,” ujar Dwi Satriyo.

Perusahaan juga melakukan pembatasan akses Perumahan Dinas dan jalan menuju perusahaan; bekerja sama dengan kepolisian melakukan physical distancing jalan utama menuju perusahaan. Karyawan juga banyak mendapatkan pelatihan melalui webinar untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi.

Terakhir, lanjutnya, Petrokimia Gresik menerapkan roadmap di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mengatur jam kerja, tamu perusahaan, perjalanan dinas, magang, dan sejumlah kegiatan lainnya. (hen)