PT Cipta Mandala Indonesia Siap Membantu Pembuatan Dokumen CSMS Perusahaan

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

Direktur Utama PT Cipta Mandala Indonesia, George Filip Loswetar, ST (baju ungu)

KLIKJATIM.Com | Surabaya – PT Cipta Mandala Indonesia yang beralamatkan Jl. Sumberejo Makmur IV No.63, Benowo, Kec. Pakal Kota Surabaya Jawa Timur 60192, salah satu perusahaan yang begerak dibidang Jasa Sertifikasi Perusahaan, siap membantu pembuatan dokumen Contractor Safety Management System (CSMS).

BACA JUGA :  Viral! Video Polisi Teriakan Doa-doa Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

Dokumen CSMS adalah kumpulan proses manajemen terpadu yang di gunakan untuk mengendalikan resiko yang terkait dengan manajemen kontraktor secara berkelanjutan, berdasarkan waktu nyata, Sistem ini adalah bentuk pengendalian resiko dan biasanya di sediakan secara keseluruhan atau sebagian perusahan manajemen kontaktor pihak ke tiga eksternal.

Singkatnya, dokumen CSMS merupakan system dokumentasi untuk memastikan bahwa subkontaktor yang bermitra atau ingin mendapat pekerjaan di projek owner (main Contractor )telah memiliki dan memenuhi syarat HSE menejemen yang berlaku di lingkungan kerja main contractor dalam perrjanjian kerja sama kotrak yang di sepakati.

Menurut penjelasan dari Direktur Utama PT Cipta Mandala Indonesia, George Filip Loswetar, ST mengatakan pihaknya siap membantu perusahaan dengan nilai evaliasi bagus.

“Kami bantu perusahan anda dengan nilai evaliasi bagus. Saya punya banyak rekan perusahan yang telah kami bantu buatkan dokumen CSMS nya. Dari mulai perusahan swasta hingga BUMN sebab tidak semua Main Contractor itu aturan mainnya sama .Karena saya, paham anda dan perusahan belum banyak memiliki waktu untuk membuat dokumen CSMS tersebut,” kata George.

Outsourcing menejemen keslamatan kontaktor ke perusahan pihak ke tiga dapat melibatkan perusahan yang bertindak ketat sebagai konsultan penasehat untuk memberikan rencana keselamatan spesifik lokasi yang di kelola oleh owner di perusan. slSebagai alternatf, perusahan konsultan dapat menyedikan infrastruktur dan administrasi berkelanjutan dari system menejemen keselamatan kontraktor selama kontrak mereka dengan pemberi kerja.

Dokumen CSMS adalah system holistic yang mengelola semua bentuk resiko keslamatan kerja yang terkait dengan keselamatan kontraktor. Opersi yang efektif tergantung pada kepatuhan berbagai standar keselamatan consensus, khusunya standar menejemen keselamatan seperti ANSI / AIHA Z10 – 2012 (sitem menejemen dan keslamatan kerja dan kesehatan kerja ),OHSE based on ISO 9001, ISO 45001/OHSAS18001, ISO14001 atau SMK3 PP50 tahun 2012 ,dan lain sebagainya. Di banyak negara termasuk di Indonesia telah banyak bisnis mengidentifikasi penggunaan system prakualifikasi kontraktor eksternal, seperti dokumen CSMS ini , sebagai praktik terbaik yang penting untuk mengelola resiko keselaman yang terkait dengan penggunaan kontraktor pada situs kerja.

George Filip Loswetae ,ST pun menyampaikan betapa pentingnya Dokumen CSMS ini untuk sebuah perusahaan “Main Countractor akan melakukan penilaian kepada CSMS (Contractor Safety Management System) di mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan pekerjaan. Hal ini sangat penting dalam melakukan kesiapan subkontrator untuk melakukan pekerjaan di lingkungan kerja main Countractor” jelasnya.

Maka sebab itu dokumen ini sering di minta untuk di penuhi oleh subkontraktor pada awal proses kualifikasi lelang dan tender sebagai salah satu penentu layak atau tidaknya subkontraktor mendapakan pekerjaan dari main kontraktor. Untuk dapat membuat, menyusun serta mengimplementasikannya, di butuhkan pengetahuan khusus. Maka tidak heran banyak perusan minta tolong jasa konsultan HSE seperti saya untuk membantu pekerjaan dokumen ini .

“Dokumen CSMS bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja dan untuk mengurangi tanggung jawab pekerjaan umum dan biaya potensial lainnya yang terkait dengan penggunan kerja kontrak (Subkontraktor) Kriteria umum yang di bahas dalam ruang lingkup CSMS” Ujarnya.

“Dokumen CSMS (Countractor Safety Menejemen System) merupakan system menejen K3 atau HSE atau QHSE yang di aplikasika kepada kontartor, meliputi beberapa poin yang sesuai standar yang diacu. Dokumen CSMS sebagai bahan pertimbangan oleh perusahan project owner untuk menilai kinerja kontraktor yang akan di terimanya,” pungkasnya.

Untuk Keterangan lebih lanjut tentang Pembuatan Dokumen CSMS Perusahaan dapat hubungi PT Cipta Mandala Indonesia, Jl. Sumberejo Makmur IV No.63, Benowo, Kec. Pakal, Kota SBY, Jawa Timur, 60192, Telp. 031-99166166 Atau Whatsapp 0811.3111.923 Dan Email info@ptcmi.co.id. (mkr)