Prodi Magister Manajemen STIE Perbanas Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Program Studi (prodi) Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Capaian itu menempatkan S2 Manajemen Perbanas Surabaya jadi yang pertama kali raih akreditasi Unggul di wilayah Jawa Timur.

 

BACA JUGA :  Tuntutan Perwakilan Buruh Tidak Diakomodir Pemerintah, Getol Jatim Akan Lanjutkan Aksi

 

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 1078/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021, peringkat akreditasi unggul dicapai dengan nilai 365. Keputusan tersebut berlaku mulai 24 Februari 2021 sampai dengan 24 Februari 2026.

 

Ketua Prodi Magister Manajemen, Tatik Suryani,  mengatakan Sistem Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 yang baru memiliki 9 kriteria atau standar penilaian. Hal itu berbeda dengan yang sebelumnya hanya memiliki 7 standar penilaian. Jadi, Prodi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya harus menyesuaikan dengan yang baru.

 

”Pada awalnya mempersiapkan 7 kriteria, akan tetapi kami berusaha langsung menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku yaitu 9 kriteria. Demikian ini merupakan yang pertama kali karena tidak ada contoh apa saja yang diperlukan untuk 9 kriteria,” jelas Tatik Suryani, dalam siaran pers, Kamis, (04/03/2021)

 

Menurutnya, akreditasi yang diraih memerlukan perjalanan yang panjang. Saat itu, STIE Perbanas Surabaya tidak sempat dikunjungi termasuk sejumlah universitas yang lain harus menyesuaikan datanya dengan menambah 1 tahun data berikutnya.

 

”Oleh karena itu, kami harus meng-update data terbaru. Mulai tahun 2018, 2019 kami memasukkan data lalu tepat 20 Februari 2020 kami memasukkan borang dan setahun kemudian divisitasi. Karena pada saat ini masih dalam masa pandemi sehingga proses visitasinya dilakukan secara online yang dilakukan oleh 2 orang asesor,” paparnya.

 

Perlu diketahui, Program Studi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya memiliki sejumlah bidang peminatan. Adapun bidang peminatan itu, di antaranya: Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan dan Keuangan (Syariah dan Konvensional), Manajemen Sumber Daya Manusia.

 

Sementara itu, Ketua STIE Perbanas Surabaya. Yudi Sutarso., menambahkan perolehan akreditasi Unggul ini menjadi motivasi program studi lain yang juga sudah didominasi akreditasi A.

 

Pihaknya pun mendorong semua prodi di STIE Perbanas Surabaya untuk mulai menaikkan menjadi unggul. ”Karena perguruan tinggi selalu mengembangkan kualitas yang terus menerus untuk institusinya sehingga setiap minggu kami selalu adakan pertemuan untuk melakukan pengembangan kualitas mutu pendidikan,” pungkasnya. (hen)