Presiden Jokowi Bersama Pejabat Hingga Artis Raffi Ahmad Jalani Suntik Vaksin Covid-19

Reporter : Hendrawan Syahputra - klikjatim.com

Presiden Joko Widodo saat menerima suntikan Covid-19 di Istana Presiden Rabu pagi.

KLIKJATIM.Com | Jakarta – Presiden RI Joko Widodo bersama sejumlah pejabat dan artis perwakilan masyarakat menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Jakarta  Rabu (13/1/2021) pagi pukul 09.30. Kegiatan ini menjadi awal dalam Program Vaksin Nasional.

BACA JUGA :  PGN Teken LoA Dengan Mitra Produsen Hulu Migas

Presiden menjadi orang pertama yang menerima suntikan Coronavac vaksin Covid-19 produksi Sinovac, di halaman Istana Merdeka dengan proses selama tiga menit.  Prosesnya mulai dari menunjukkan undangan vaksinasi yang dikirim Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 di ponsel.

Kemudian, periksa kesehatan seperti tensi darah dan suhu tubuh, mendapatkan suntikan dari vaksinator, sampai proses pendataan sudah melakukan vaksinasi. Usai vaksinasi, Jokowi Presiden yang memakai kemeja putih lengan pendek, langsung masuk ke Istana Merdeka.

Rencananya, Presiden nanti akan memberikan keterangan sesudah 30 menit, untuk menceritakan pengalaman dan apa yang dirasakan tubuhnya sesudah mendapatkan suntikan Coronavac vaksin Covid-19 produk. Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan menyiapkan Program Vaksinasi Nasional yang akan dilaksanakan dua tahap dengan target 181 juta orang, untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Raffi Ahmad saat menerima suntikan vaksin covid mewakili unsur masyarakat.

Usai presiden dan sejumlah pejabat negara, artis Raffi Ahmad, selebritas yang menjadi salah satu penerima  suntikan vaksin  di Istana Kepresidenan.  Raffi, yang mengenakan masker serta face shield, adalah penerima vaksin Covid-19 pertama yang mewakili generasi muda.

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 mengatakan kehadiran Raffi Ahmad diharapkan juga menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut mensukseskan program vaksinasi dari pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.  “Saat ini Raffi Ahmad hadir sebagai perwakilan dari masyarakat mewakili kaum milenial, yang bisa semoga jadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk yakin terhadap vaksin Covid-19 dan turut mensukseskan program vaksinasi di Indonesia,” ujar Reisa Broto Asmoro.

Suami Nagita Slavina juga membagikan momen persiapan vaksinasi perdana Covid-19 melalui unggahan Instagram. Dia mengunggah undangan penerima vaksin sebagai perwakilan milenial. Lewat Instagram Stories, Raffi juga menunjukkan ID Card penerima vaksin Covid-19. Dalam akun yang sama, Nagita Slavina beserta putra mereka, Rafathar, juga tampak menyaksikan proses vaksinasi Raffi melalui layar televisi.

Tahap pertama, pertengahan Januari sampai April 2021, dengan prioritas 1,3 juta petugas kesehatan dan 17 juta petugas layanan publik. Tahap kedua, mulai April 2021, untuk 63 juta masyarakat rentan tertular. Coronavac, salah satu vaksin yang dipakai dalam Program Vaksinasi Nasional.

Pada bagian lain pemerintah sudah membeli tiga juta dosis vaksin buatan China tersebut, dan bahan baku yang nantinya diproses menjadi vaksin siap pakai oleh PT Bio Farma. Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa, Vaksin Covid-19 produksi Sinovac hukumnya suci dan halal.

Berdasarkan hasil audit Komisi Fatwa serta Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Coronavac tidak mengandung zat yang haram.  Kemudian, Senin (11/1/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat untuk Coronavac, berdasarkan hasil uji klinis di Indonesia dan beberapa negara. (hen)