Prajurit Brigif 2 Marinir Latihan Memanah

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo – Untuk mengasah ketajaman sasaran bidik, prajurit Brigif 2 Marinir berlatih panahan di markas setempat. Latihan ini sekaligus untuk mengisi waktu menunggu waktu buka puasa, juga lebih difokuskan untuk menjaring pemanah berbakat.

BACA JUGA :  Hadapi Piala Menpora, Arema FC Siap Hadapi dengan 80 Persen Pemain

Latihan tersebut dipimpin Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung. Menurutnya, latihan memanah untuk mengasah ketajaman membidik sasaran dengan berlatih secara rutin di lapangan Rencong Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Dikatakan, latihan panahan yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan dan situasi pandemi Covid-19 tersebut, selain untuk mengisi waktu menunggu waktu buka puasa, juga lebih difokuskan untuk menjaring pemanah berbakat. “Yang memiliki potensi berprestasi sebagai atlet panahan apabila suatu saat dihadapkan pada lomba panahan yang diselenggarakan oleh dinas maupun instansi di luar dinas bisa mengikuti,” kata Kolonel Marinir Rudi Harto Marpaung.

Menurutnya, olah raga panahan, tidak mudah untuk dipelajari dalam waktu singkat, akan tetapi butuh waktu untuk dapat menguasai beberapa tehnik agar pemanah bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Di antaranya mulai dari sikap berdiri, memasang ekor panah (nocking), mengangkat lengan busur (extend), menarik tali busur (drawing).

BACA JUGA :  Pasien Covid-19 Ponorogo Bertambah Empat

Kemudian menjangkarkan lengan penarik (anchoring), menahan sikap panahan (tighten), membidik (aiming) dan melepas tali/panah (release) serta gerakan pemanah setelah anak panah terlepas (follow through).

Selama melaksanakan kegiatan latihan memanah, tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan serta mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19 sebagai salah satu prioritas utama dalam setiap kegiatan latihan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. (hen)