PPKM di Sidoarjo Berlanjut, Penambahan Pasien Covid Rata-Rata 15 Hingga 20 Orang Perhari

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

Penerapan PPKM tahap II di Sidoarjo bakal disertai dengan penegakan aturan dan disiplin kepada warga oleh Satgas Covid Sidoarjo.

KLIKJATIM.Com  I Sidoarjo –  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sidoarjo akan berlanjut selama dua minggu kedepan hingga tanggal 5 Pebruari 2021. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, drg Syaf Satriawaran, menatakan bahwa PPKM memang harus dilanjutkan mengingat kasus konfirmasi Covid-19 masih cukup tinggi.

BACA JUGA :  Pembunuh Perempuan Pemijat Mlirip Mojokerto Ditembak Polisi

Data per tanggal 24 Januari 2021, kasus covid aktif di Sidoarjo sebanyak 247 orang. Angka kematian  6,33 persen dan angka kesembuhan 90,85 persen. “Kasus confirm sejak awal pandemi sebanyak 8.697 orang. Kalau jumlah kumulatif sembuh 7.949 orang. Di Surabaya Raya, kasus kumulatif kesembuhan kita jumlah sembuhnya termasuk di urutan nomor dua. Kalau kasus kematian di Sidoarjo nomor satu dibandingkan Surabaya dan Gresik. Sehingga kalau PPKM dilanjutkan ya saya setuju,” papar Syaf, Senin (25/1/2021).

Syaf menerangkan, selama masa PPKM jilid 1, di Sidoarjo terjadi penambahan pasien positif covid-19 sebanyak 15 sd 20 orang perhari. Syaf mengatakan, fasilitas bed untuk ruang isolasi di Sidoarjo sudah terisi sebanyak 86 persen. Meski ada penambahan kasus, bed masih tersedia. Dalam artian apabila ada peningkatan mendadak masih ada tempat isolasi.

“Kita didukung hotel, ada 60 kamar dengab 120 tempat tidur. Sampai sekarang masih, terisi 53 orang. Jadi istilahnya hotel masih longgar. Mudah-mudahan nanti tidak meningkat,” terangnya.

Syaf mencatat, selama dua hari terakhir ini, angka penyebaran covid menurun. Dengan demikian diharapkan penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan penambahan kasus positif juga bisa menurun. “Dua hari ini terus turun dan mudah-mudahan angka tersebut terus bergerak baik, sehingga di bawah angka sebelumnya. Meski begitu masyarakat tetap harus menerapkan 3M . Dan yang tak kalah penting warga harus meningkatkan imun dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergisi serta berolah raga,” imbuh Syaf. (rtn)