Ponorogo Viral Lagi, Kartu Keluarga Jadi Bungkus Tempe

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Tampak kertas menyerupai kartu keluarga yang viral karena dipakai bungkus tempe. (ist)

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Usai geger dengan kabar begal payudara, kini warga Ponorogo kembali dihebohkan dengan foto Kartu Keluarga (KK) di grup Facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo. Menariknya, KK tersebut bukannya disimpan rapi tapi malah dipakai untuk membungkus tempe. Tampak pada KK tersebut juga lengkap disertai dengan stempel.

BACA JUGA :  PSBB di Gresik Mulai Diberlakukan Hari Ini, Bupati dan Forkopimda Meninjau Lokasi Check Point

Mendapat laporan itu, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo, Herry Sutrisno mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk menyelidiki temuan itu. “Akan kita lihat keabsahan dokumennya seperti apa. Apakah memang KK asli atau bagaimana,” kata Herry seperti dilansir Kumparan, Sabtu (26/9/2020).

Herry menyebutkan, memang ada kemungkinan lembaran tersebut merupakan dokumen di tangan penduduk yang bersangkutan. “Masih kita telusuri. Tapi kemungkinan besar itu bukan dokumen aslinya,” terang dia.

Ia menambahkan, bisa saja KK itu adalah fotokopi yang diminta oleh lembaga tertentu saat warga mengurus keperluan. “Misal lembaga A meminta fotokopi, sehingga banyak arsip,” imbuhnya.

Sementara terkait keamanan data kependudukan, Herry memastikan, untuk NIK dan nomor KK tidak akan bisa digunakan secara sembarangan. Pasalnya, untuk menggunakan NIK maka yang bersangkutan harus memiliki username dan sidik jari.

“Username itu saya tidak tahu, itu diberikan secara rahasia oleh Dirjen Dukcapil,” pungkas dia. (nul)