Polres Gresik Kejar Penyebar Info Hoaks Kasdim 0817 Meninggal

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Dandim 0817 Letkol Taufiq Ismail berbincang dengan Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto didampingi Kasatpol PP Gresik Abu Hasan

KLIKJATIM.Com | Gresik – Sejak Minggu (17/1/2021) beredar informasi hoaks seputar kematian Kasdim 0817 Mayor Sugeng Riyadi usai menerima vaksin Covid-19. Atas informasi ini, Unit Tipiter Satreskrim Polres  Gresik bergerak cepat dengan melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa penyebar hoaks tersebut.

BACA JUGA :  Penyematan Brevet Para Siswa Dikkopaska

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kodim 0817 terkait informasi hoaks ini. Dikatakan, dari koordinasi dipastikan bahwa informasi Kasdim 0817 Mayor Sugeng Riyadi meninggal pasca menerima vaksin adalah tidak benar. Informasi tidak bertanggungjawab tersebut beredar sejak Minggu malam di sejumlah media sosial termasuk pesan dari WhatsApp sejumlah pejabat di Kabupaten Gresik.

“Kami sudah koordinasi mas dengan pihak Kodim 0817, dan sekarang tim kami dari Satreskrim sedang melakukan penelusuran untuk mengungkap siap yang pertama kali menyebarkan informasi hoaks tersebut,” kata AKBP Arief Fitrianto.

Polisi, kata dia, sudah mendapat keterangan dari Dandim 0817 Letkol Taufiq Ismail, bahwa yang meninggal dunia adalah Danramil Kebomas Mayor Gatot Supriyono. Danramil Kebomas meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021) pukul 23.20 karena serangan jantung bukan karena Covid-19. Almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono sebelumnya sudah menjalani rapid antigen di Poskes Gresik pada Kamis, 14 Januari 2021 dengan hasil negatif.   

“Sementara Pak Kasdim Mayor Sugeng Riyadi bersama pejabat dan perwakilan masyarakat yang ikut menjalani vaksin perdana di RSUD Ibnu Sina pada Jumat  siang hingga kini dalam keadaan sehat walafiat. Jadi kami pastikan informasi pak kasdi meninggal adalah hoak atau tidak benar,” jelas Kapolres Gresik.

Terpisah, Dandim 0817 Gresik Letkol Taufiq Ismail membenarkan pihaknya sudah berkoordinasi terkait informasi hoak yang dialami jajaran Kodim 0817 ke Polres Gresik. “Yang pasti Pak Kasdim Mayor Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat sampai saat ini,” jelas Letkol Taufiq.

Namun, kata Dandim, untuk keterangan resmi upaya Kodim 0817 menyikapi kabar hoaks ini akan disampaikan resmi oleh TNI AD. “Kami sudah melaporkan kabar hoaks ini ke Pangdam dan Kasad, untuk langkah selanjutnya kami menunggu perintah dari pimpinan. Keterangan resmi akan disampaikan oleh Pendam V Brawijaya,” jelas Dandim 0817 Gresik. (hen)