Polres Gresik Buka 13 Dapur Umum Bantu Warga * Bantu Warga Tak Mampu dan Jaga Stabilitas Keamanan

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memimpin anggotanya menyediakan nasi bungkus dari dapur umum untuk dibagikan kepada warga tak mampu terdampak covid-19.

KLIKJATIM.Com | Gresik – Sebagai bentuk kepedulian atas dampak penyebaran virus corona atau covid-19, Polres Gresik membuka 13 dapur umum di sejumlah kecamatan. Dapur umum tersebut menyediakan nasi bungkus untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan serta warga yang tedampak bencana banjir di wilayah Gresik.

BACA JUGA :  Polda Jatim Siap Amankan Aset SKK Migas

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengungkapkan, pihaknya membangun dapur umum dibantu oleh tokoh masyarakat di wilayah yang terdampak. Seluruh dapur umum sudah membuka penyediaan nasi bungkus sejak Kamis 16 April 2020. “Kami bersama bersama Dandim 0817 Gresik dan Pemkab Gresik serta para tokoh masyarakat membangun dapur umum di 13 titik tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Gresik,” kata AKBP Kusworo Wibowo.

BACA JUGA :  Di Tengah PSBB, KM Bahari Ekxpres Tujuan Bawean Kembali Berlayar

Dikatakan, pendirian dapur umum ini untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat turunnya perekonomian akibat wabah covid-19. Dapur umum ini sekaligus bertujuan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan dengan semangat gotong royong agar tetap tercipta situasi yang tetap aman dan kondusif.

 

Disebutkan, ketigabelas dapur umum tersebut dibangun di UPT Shelter Dinas Sosial Kecamatan Cerme, Balai Desa Karangandong Kecamatan Driyo, Balai Desa Pandanan Kecamatan Duduk Sampeyan. Kemudian Balai desa Munggugianti Kecamtaan Benjeng, Balai Desa Wringinanom Kecamatan Wringinanom.

“Kami juga buka di Balai Desa Sukerejo Kecamatan Bungah, BalaDesa Petung Kecamatan Panceng, Balai Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujung Pangkah. Juga di Kantor Desa Kembangan jl Mayjend Sungkono Kecamatan Kebomas. Untuk wilayah kota kami sediakan dapur umum di Gedung GOR Desa Sidorukun Kecamatan Gresik, Balai Desa Menganti, Kecamatan menganti. Terakhir ada di Balai Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu dan Balai Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang,” terang mantan Kapolres Jember ini.

BACA JUGA :  Bank BNI Ganti Komisaris dan Bagikan Deviden 25 Persen
Kegiatan di dapur umum ini, kata Polisi Teladan di jajaran Polda Jatim, dimulai dengan kegiatan memasak. Setelah selesai memasak di dapur umum, nasi bungkus tersebut didistribusikan ke balai desa yang membutuhkan. Kebutuhan per wilayah sesuai peta sebaran masyarakat miskin ataupun masyarakat miskin baru.

“Perangkat desa dengan relawannya membagikan secara door to door kepada masyarakat di rumahnya masing-masing ataupun ditempat pangkalan ojek, terminal dan tempat-tempat lain yang membutuhkan,” pungkas Kapolres Gresik AKBP Kusworo WIbowo. (hen)