Polres Gresik Ajak Santri Prokes dan Jalani Vaksinasi

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik—Perayaan Hari Santri Nasional tahun 2021. Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengajak kepada santri dan Pondok Pesantren sebagai momentum untuk menjadi role mode dalam penerapan prokes dimasa pademi covid 19. 

BACA JUGA :  15 Terop Hajatan Warga Blitar Dibubarkan Selama PPKM Darurat

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kontribusi,upaya dan kerja keras para santri sudah cukup panjang perjalananya bahkan sebelum era kemerdekaan 1945 turut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya, Jumat (22/10/2021). 

Akpol Alumnus 2002 itu menambahkan, peran santri hingga kini senantiasa berperan penting dalam perjalanan bangsa Indonesia, seperti saat pandemi sekarang. 

“Ponpes sangat berperan aktif dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi Nasional yang mana di harapkan dapat mempercepat penanganan Covid 19,”tambahnya. 

Sebelumnya Kapolres bersama jajaran hadir dalam kegiatan upacara yang dipimpin oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga” di Halaman Pemkab Gresik. 

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini diselenggarakan mulai pukul 07.30 WIB, Jumat (22/10/2021). 

Diketahui, penetapan Hari Santri Nasional (HSN) ini ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang menertbitkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 22 Tahun 2020 tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional di Indonesia. 

Dalam amanat yang dipimpin oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengungkapkan, siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah nilai dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. 

“Bahwa  jiwa santri hari ini memiliki peran untuk tidak akan memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang akan mengancam persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia,” ucap Gus Yani dalam sambutannya. 

Hadir juga  Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah Dandim 0817/Gresik Letkol Inf. Taufik Ismail serta diikuti oleh elemen Ormas keagamaan yang ada di Kabupaten Gresik.(mkr)