Plt Bupati Jember ‘Nyekar’ di TMP Bareng Dandim

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Jember – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI, Plt Bupati Jember bersama Forkopimda mengelar ziarah rombongan bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang, Jumat (2/10/2020). 

BACA JUGA :  Polisi Mojokerto Bubarkan Perayaan Ultah dengan Orkes Melayu

Sebelum pelaksanaan ziarah dan tabur bunga, diadakan upacara didepan tugu pahlawan yang terletak di dalam TMP Patrang yang dipimpin Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Upacara ditandai penghormatan kepada para arwah pahlawan, yang kemudian mengheningkan cipta dan dilanjutkan peletakkan karangan bunga di tugu pahlawan.

Usai upacara, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke beberapa pusara makam pahlawan yang berada di sekitar TMP Patrang tersebut.

Plt Bupati Jember Drs. KH. Muqit Arief mengatakan, upacara serta ziarah dan tabur bunga ke pusara makam pahlawan dalam rangka HUT TNI ke-75 yang bertujuan untuk mengingat dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

“Kita ada sekarang karena mereka iklas memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan, wajib hukumnya generasi muda mengenal jasa para pahlawan,” katanya.

Bangsa yang besar, lanjutnya, harus menghargai dan mengenal sejarah bangsanya. Kenyamanan hidup yang sekarang dirasakan berkat jasa para pahlawan.

“Kalau tidak ada para pahlawan, kita tidak bisa merasakan apa yang kita nikmati sekarang. Maka dari itu, jangan sia-siakan apa yang telah dilakukan para pahlawan,” tegasnya.

Setelah kemerdekaan, lanjutnya, tugas bangsa ini lebih berat. Para pahlawan menginginkan generasi penerusnya melakukan hal-hal yang produktif untuk bangsa ini.

“Kita harus berterima kasih kepada para pahlawan, dan harus betul-betul bisa mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan,” ujarnya.

“Memajukan NKRI dan menjaga Pancasila serta mensejahterakan masyarakat Indonesia,” imbuh pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo itu.

Hal senada disampaikan Dandim 0824, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin. Tabur bunga itu merupakan suatu penghargaan untuk mengenang jasa para pahlawan, serta memberikan informasi pada generasi muda untuk menghargai jasa para pahlawan.

“Kami melaksanakan ziarah rombongan di TMP Patrang sebagai tanda penghargaan dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan serta dalam rangka menyambut HUT ke-75,” m pungkasnya. (bro)