PLN Sidoarjo Jamin Kendala Pasokan Listrik dengan Borderless PDKB-TM dan Pemeliharaan Rabas

Reporter : Catur Rini - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com  |  Surabaya–Sebagai upaya menekan gangguan dan meningkatkan keandalan saat cuaca ekstrem, PLN UID Jawa Timur selenggarakan kegiatan Borders Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah dan Pemeliharaan Rabas-Rabas di wilayah kerja PLN ULP Krian, Selasa (23/11/2021).

Sebanyak 72 personel yang terdiri dari 4 regu PDKB SL, 1 regu PDKB Berjarak, 8 regu rabas, dan 6 personel operator skylift diterjunkan dalam kegiatan ini.

BACA JUGA :  Pantau Informasi Anak di Sekolah, MTs Tarbiyatul Wathon Luncurkan Aplikasi Android

Memulai kegiatan dengan apel, Senior Manager Distribusi PLN UID Jawa Timur, Adriansyah menginstruksikan seluruh personel untuk mengutamakan keselamatan dalam melaksanakan pekerjaan.

“Kolaborasi rabas Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) ini dalam upaya meningkatkan keandalan jaringan listrik saat cuaca ektrem. Melalui kegiatan tersebut menunjukkan kesiapan PLN untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan,” terang Adriansyah.

Dalam kegiatan kali ini, ada 27 titik yang dilakukan pemeliharaan tanpa padam dengan saving kWh yang didapat sebesar 41.118 kWh dan rupiah yang terselamatkan sebesar Rp45.750.090 dari 58.360 pelanggan yang tidak terdampak padam akibat kegiatan pemeliharaan. Adriansyah berharap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan agar keandalan pasokan listrik ke pelanggan semakin baik. 

Pemilihan Unit Layanan Pelanggan (ULP) ULP Krian dalam kegiatan ini dikarenakan merupakan unit dengan penyumbang kWh jual tertinggi di Jawa Timur, dengan pendapatan rata-rata 200 sampai 210 Milyar perbulan yang didominasi pelanggan industri. Dengan adanya kegiatan pemeliharaan dan rabas ini diharapkan kesulitan melakukan pemadaman terencana guna tindak lanjut temuan inspeksi, baik untuk penyempurnaan konstruksi, maupun penggantian material, karena hampir setiap penyulang memasok listrik ke pelanggan industri dapat teratasi.

“Setelah wilayah kerja ULP Krian UP3 Sidoarjo, kami akan rutin mengagendakan kegiatan borderless PDKB ini. Dalam waktu dekat yakni di wilayah PLN UP3 Pamekasan,” pungkas Adriansyah.(mkr)