Pilkades Serentak di Ponorogo Selesai, 15 Terpilih ‘Wajah’ Baru

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

Pilkades di Desa Cekok, Ponorogo. (Fauzy Ahmad/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Ponorogo telah selesai. Dari 23 desa yang melaksanakan Pilkades, 15 di antaranya merupakan kepala desa terpilih dengan ‘wajah’ baru.

“Untuk 8 lainnya adalah ‘wajah’ lama. Mereka incumbent terpilih,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ponorogo, Anik Purwani, Rabu (23/11/2022).

Ani merinci incumbent terpilih 8 desa adalah Desa Tugurejo, Desa Wates, Desa Gedangan, Desa Sekaran, Desa Kalisat, Desa Paringan, Desa Menang dan Desa Cekok.

“Untuk yang incumbent maju dan tidak beruntung ada 9 cakades,” kata mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Ponorogo Kota ini.

Disinggung terkait gugatan, kata dia, hingga H plus 1 pemilihan belum ada laporan atau gugatan. Sekedar informasi bahwa pengajuan gugatan maksimal 3 hari setelah pungutan suara.

“Semoga tidak ada. Sampai saat ini alhamdulillah lancar aman dan damai,” jelas Ani kepada media di ruangannya.

Untuk pelantikan, dia mengaku masih menunggu petunjuk Bupati Sugiri Sancoko. Maksimal 19 Desember Kepala Desa yang terpilih sudah terlantik semua.

“Sampai sekarang menunggu laporan dari desa. Nanti pelaksanaan pilkades baru nanti kita proses penerbitan SK. Laporan resmi maksud saya,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 23 desa yang melaksanakan pilkades tersebar di 13 Kecamatan, Selasa (22/11/2022). Yakni di Kecamatan Slahung, Ngrayun, Bungkal, Jetis, Siman, Balong, Kauman, Sampung, Sukorejo, Babadan, Jenangan dan Jambon. (nul)