PG Rejoagung Targetkan Produksi Gula Kristal Putih 50 Ribu Ton

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Madiun–Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, PT PG Rajawali I unit PG Rejo Agung Baru (Madiun) memulai musim giling tahun 2021 pada hari Kamis, 20 Mei 2021. Pada musim giling tahun ini ditetapkan target 640 ribu giling tebu dan rendemen sebesar 7,7 persen, sehingga target capaian produksi gula kristal putih adalah sebesar 50 ribu ton.

BACA JUGA :  Diseruduk Kereta Api, Tiga Penumpag Mobil Selamat

Pelaksanaan giling tahun 2021 telah dipersiapkan secara matang baik dari segi on farm maupun off farm. General Manager PG Rejo Agung Baru, Wisnu Subroto mengatakan di bidang on farm ada target yang ditetapkan yaitu menyediakan mutu bahan baku layak giling untuk mencapai rendemen tinggi. 

Selain itu, di bidang off farm, strategi yang dilakukan adalah dengan mengoptimalisasikan kapasitas giling dan efisiensi pabrik untuk menekan harga pokok produksi, sehingga diharapkan mampu memberikan nilai tambah baik bagi PG maupun petani tebu. 

“Pada tahun ini berdasarkan RKAP yang telah ditetapkan, target tebu digiling PG Rejo Agung Baru sebesar 640 ribu ton, dengan target rendemen 7,70 persen. Sehingga dapat mencapai target produksi gula Kristal putih sebesar 50 ribu ton dan proses giling berjalan lancer,” kata Wisnu, Kamis (20/5/2021).

Penetapan target tahun ini merupakan wujud optimisme untuk meraih kinerja yang lebih baik dari tahun 2020. Beberapa faktor salah satunya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi kinerja di tahun 2020 yang penuh dengan tantangan. Target tebu digiling berdasarkan RKAP 2021 naik 11 persen yaitu sebesar 640 ribu ton dibandingkan realisasi tahun 2020 yang sebesar 575 ribu ton.

Direktur PT PG Rajawali I, Rachmad Sartono dalam sambutannya saat acara seremonial buka giling PG Rejo Agung Baru (20/05) mengatakan tahun ini merupakan tahun pembuktian untuk memperoleh kinerja yang lebih baik.

“Tahun ini harus diawali dengan semangat optimisme dan komitmen untuk mencapai target yang telah disepakati bersama. Semoga produksi tahun ini baik secara kualitas maupun kuantitas meningkat,” ungkapnya.

Ia menambahkan PT PG Rajawali I sebagai anak perusahaan BUMN PT RNI (Persero) yang merupakan Ketua BUMN Klaster Pangan harus mampu membantu masyarakat mendapatkan gula yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.
Secara konsolidasi dalam RKAP 2021, target angka produksi gula PT PG Rajawali I keseluruhan pada tahun 2021 adalah 193 ribu Ton. Target ini meningkat dari tahun 2020 yang realisasi produksi gulanya mencapai 166 ribu ton.

Pembukaan giling PG Rejo Agung Baru dilakukan oleh Direktur PT PG Rajawali I Rachmad Sartono, bersama dengan VP Production and Process PT RNI (Persero) Nanik Soelistyowati, VP Purchasing PT RNI (Persero) Ferry Fardiansyah, SEVP Operasional Adang Sukendar Djuanda didampingi General Manager PG Rejo Agung Baru Wisnu Subroto, para Kepala Bagian PG Rejo Agung Baru beserta perwakilan petani mitra PG. (*)