PG Raih Diamond Dalam Ajang Perlindungan Konsumen

Reporter : Hendrawan Syahputra - klikjatim.com

Petrokimia Gresik raih penghargaan Raksa Nugraha Tingkat Diamond untuk Kategori Entitas Privat pada ICPA 2020

KLIKJATIM.Com | Gresik – Petrokimia Gresik anggota holding Pupuk Indonesia menerima Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) 2020 Pemeringkatan Diamond atau level tertinggi untuk Kategori Entitas Privat, secara virtual oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Senin (30/11/2020).

BACA JUGA :  Dua Ribuan Orang Datangi Poli Khusus RS Unair Dalam Sebulan

Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih mengapresiasi capaian ini. Dimana tahun 2019 lalu, perusahaan yang siap menjadi market leader dan dominant player di sektor agroindustri ini juga mendapatkan anugerah yang sama dengan pemeringkatan Platinum, sedangkan tahun ini berada di level Diamond.

“Ini adalah hasil dari Program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik sekaligus bentuk pengakuan pihak luar atas komitmen Petrokimia Gresik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen melalui produk dan pelayanan berkualitas, ujar Digna.

Ia mengungkapkan bahwa penghargaan ini akan memotivasi perusahaan dalam memberikan service excellence yang lebih baik lagi kepada konsumen, dan memastikan hak-hak konsumen akan terpenuhi dengan baik sesuai dengan regulasi yang ada.

Digna menjelaskan bahwa Petrokimia Gresik dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen telah menerapkan sejumlah Sistem Manajemen untuk memberikan jaminan mutu produk yang dipasarkan ke konsumen. Diantaranya adalah Standar Nasional Indonesia (SNI), International Fertilizer Association (IFA) Protect & Sustain Product Stewardship, dan lainnya.

Perlindungan konsumen berikutnya, lanjut Digna, adalah jaminan distribusi. Petrokimia Gresik memiliki jaringan gudang, distributor, kios, serta petugas lapangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jaringan tersebut, Petrokimia Gresik menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai alokasi, serta ketersediaan pupuk non-subsidi dan produk lainnya sesuai kebutuhan petani maupun pelaku agroindustri.

Petrokimia Gresik juga memiliki program edukasi petani sebagai bentuk komitmen perlindungan konsumen. Program ini terdiri dari demonstration plot (demplot) yang membuktikan langsung manfaat produk di lahan-lahan pertanian, sosialisasi dan cara aplikasi produk, fasilitas mobil uji tanah yang dapat menginformasikan kondisi tanah beserta rekomendasi pemupukannya, serta Program Peningkatan Produktivitas Pangan.

“Jadi kami tidak sekadar memproduksi dan mendistribusikan produk saja, melainkan memberikan pelayanan dan solusi bagi petani atau pelaku agroindustri dengan memberikan pelayanan atau pendampingan secara komprehensif, baik dari hulu maupun hilir agroindustri,” tandasnya. (hen)